Tips Cara Merawat Flashdisk Anda Agar Tetap Tahan Lama (Awet)

Flahsdisk adalah perangkat yang berfungsi sebagai penyimpanan data external, flashdisk ini sangat membantu sekali dalam aktifitas kita sehari-hari.
Tips Cara Merawat Flashdisk Anda Agar Tetap Tahan Lama (Awet)

Cara Merawat Flashdisk Anda Agar Tetap Awet

Apa sih itu Flashdisk? Kami yakin pastinya anda semua tau apa itu flashdisk dan pastinya anda sering sekali mendengar istilah flashdisk, atau bahkan anda telah memiliki dan menggunakan flashdisk dalam kehidupan sehari-hari. 

Flahsdisk

Flahsdisk adalah perangkat yang berfungsi sebagai penyimpanan data external, flashdisk ini sangat membantu sekali dalam kehidupan kita sehari-hari terutama yang berkaitan dengan kebutuhan penyimpanan file data berupa softcopy.

Sedikit pemahaman mengenai flashdisk, Flashdisk sering disebut sebagai USB Drive dengan berbagai macam bentuk dan jenisnya seperti Pen Drive maupun Pocket Drive.
Flashdisk berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data dari maupun antar perangkat digital yang mendukung perangkat ini.

Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non volatile yakni data tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. 

Walaupun bersifat non volatile, data dalam flashdisk tetap bisa hilang dan bahkan flashdisk tersebut bisa rusak dan tidak dapat digunakan lagi dikarenakan perlakuan yang kurang tepat terhadap flashdisk tersebut. 

Maka dari itu kita harus merawat flashdisk agar tetap dalam kondisi baik sehingga pada saat dibutuhkan flashdisk tersebut dapat kita gunakan. 

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa tips atau cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar flashdisk yang kita miliki tetap dalam kondisi baik dan awet.

Merawat Flashdisk

Langkah-langkah merawat flashdisk yang bisa dilakukan:
  • Rutin melakukan Scan Antivirus pada flashdisk, biasakan untuk melakukan scan flashdisk dengan antivirus yang terbaik secara rutin pada saat dihubungkan dengan perangkat komputer atau laptop siapapun, terutama pada saat akan dihubungkan pada komputer anda sendiri, hal ini bertujuan agar pada saat flashdisk telah terhubung dengan komputer anda, tidak ada virus bawaan dari komputer lain yang masuk ke komputer anda, sehingga komputer anda tidak terinfeksi virus.
  • Jangan pernah membuka dan melakukan edit file data anda langsung dari flashdisk. Biasakan sebelum mengedit sebuah file di flashdisk, salin atau copy terlebih dahulu file yang ingin anda edit tersebut ke komputer anda, kemudian anda bisa edit filenya, dan apabila telah selesai anda dapat pindahkan kembali file tersebut ke dalam flashdisk.
  • Jangan terlalu sering melakukan format flashdisk, formatlah pada saat dibutuhkan saja. Dengan melakukan format flashdisk yang terlalu sering maka secara tidak langsung akan mengurangi kapasitas flashdisk anda.
  • Rutin melakukan back-up data flashdisk ke komputer supaya ketika anda kehilangan data karena tidak sengaja terhapus atau sebab yang lainnya, data yang sebelumnya masih ada di komputer.
  • Biasakan sebelum melepas flashdisk dari komputer lakukan eject flashdisk secara software melalui perangkat komputer anda terlebih dahulu. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat yang dapat merusak komponen flashdisk dapat dicegah. Oleh karena itu disarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman Safe Removal. Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk.
  • Sebaiknya anda menjauhkan flashdisk dengan benda bermagnet supaya tidak mengganggu penyimpanan data pada flashdisk. Hindari juga flashdisk dari benturan-benturan, karena bisa merusak komponen pada flashdisk. selain itu simpan flashdisk di tempat yang bersih supaya komponen pada flashdisk tidak mudah kotor atau berkarat.
  • Terakhir anda harus menjaga kota penyimpanan (box/bungkus) flashdisk tersebut, juga nota pembelian dan kartu garansi flashdisk anda untuk keperluan klaim garansi apabila masih dalam waktu garansi yang berlaku flashdisk anda mengalami kerusakan. (Apabila anda membeli flashdisk original bergaransi). 😆

Demikianlah beberapa tips cara yang dapat kita terapkan untuk merawat agar flashdisk yang kita miliki tetap dalam kondisi baik dan bisa awet tahan lama.

Apabila anda mempunyai tips atau cara tambahan lainnya terkait artikel ini, bisa anda sampaikan kepada kami di kolom komentar agar bisa kami tambahkan sesuai masukan anda. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Apapun yang anda percaya dengan keyakinan akan menjadi kenyataan, keyakinan Anda sangatlah menentukan kenyataan hidup anda”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Tips Cara Merawat Flashdisk Anda Agar Tetap Tahan Lama (Awet) - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.