Cara Memainkan Game PS, PS2, atau PSP di HP Android Tanpa Melakukan Root

Bagi kalian yang ingin mencoba memainkan game lama dari generasi PlayStation / PSP tanpa memiliki konsol game tersebut, kalian dapat mencobanya di HP.
Cara Memainkan Game PS, PS2, atau PSP di HP Android Tanpa Melakukan Root

Cara Memainkan Game PS, PS2, atau PSP di HP Android Tanpa Melakukan Root

Apa itu PS, PS2, atau PSP? Mungkin bagi Anda para gamers mania sudah mengenal gadget besutan Sony PlayStation tersebut, PSP merupakan kepanjangan dari PlayStation Portable, PSP merupakan gadget atau konsol permainan genggam yang dibuat dan dipasarkan oleh Sony dan dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 2004. Sedangkan untuk PS dan PS2 merupakan kepanjangan dari PlayStation dan PlayStation 2 yakni konsol video game yang dikeluarkan oleh Sony, generasi pertama adalah PlayStation yang diluncurkan pada tahun 1994 dan generasi kedua adalah PlayStation yang diluncurkan ke pasar pertama kali pada tahun 2000.  

Nah bagi kalian yang ingin mencoba meminkan game-game lama dari generasi PlayStation mulai dari PS, PS2, atau PSP tanpa memiliki konsol game tersebut, Anda bisa memainkannya di Smartphone Android Anda. Keuntungannya, Anda dapat bernostalgia memainkan game-game lama yang keren dimanapun anda berada melalui Smartphone Anda.

Apakah Anda ingin mencobanya? Pertama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan agar Smartphone Anda bisa memainkan game PlayStation. 

Bahan yang dibutuhkan

1. Aplikasi Emulator untuk Smartphone Android

Bahan pertama yang dibutuhkan adalah aplikasi emulator untuk Smartphone Anda. Emulator ini berfungsi sebagai aplikasi induk yang menjalankan game-game PlayStation di Smartphone.
Ada banyak aplikasi jenis emulator PlayStation yang bisa Anda download, diantaranya yang Kami rekomendasikan adalah aplikasi emulator terbaik di Android yakni emulator PPSSPP yang sangat mudah digunakan dan dapat Anda download secara gratis di PlayStore.

2. Media Penyimpanan

Media penyimpanan memiliki peranan yang cukup penting, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yg cukup besar untuk menyimpan game-game PlayStation yang akan anda download dan mainkan. 

Ada baiknya Anda menggunakan memory card yang ditujukan khusus sebagai tempat menyimpan seluruh file rom game-game PlayStation Anda, sehingga saat Anda ingin memainkan game PlayStation, Anda tinggal memasukan memori card khusus tersebut ke smartphone Anda. Hal ini juga bertujuan agar memory internal Smartphone Anda tidak terpakai oleh game-game tersebut sehingga ruang memori internal tetap lega dan kinerja Smartphone tetap terjaga.

3. File ROM Game PSP atau PS2 (.iso, .bin, .psp)

Bahan selanjutnya adalah file rom game PlayStation itu sendiri, dimana untuk file rom game dapat anda cari dan download dari internet, banyak sekali website yang menyediakan download rom game-game PlayStation mulai dari game PS, PS2, dan PSP. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah website coolrom yang bisa Anda jelajahi disini

Perlu Anda ketahui, ukuran file rom game PlayStation cukup besar, untuk file rom game PS dan PSP berkisar antara 200mb sampai 1500mb atau 1,5Gb bahkan bisa lebih, sedangkan untuk ukuran file rom game PS2 cenderung lebih besar dengan kapasitas gigabite (Gb). sedangkan untuk jenis ekstensi file yang didukung emulator adalah file .iso, .bin, .psp.

4. Aplikasi Kompresi File (.zip, .rar, .7z)

Bahan yg terakhir adalah aplikasi kompresi yang harus ada di smartphone Anda, gunanya untuk membuka menguraikan kompresi file rom game PlayStation yang telah Anda download tadi dan menyimpannya di folder khusus game agar file rom tersebut dapat dijalankan oleh emulator. 

Cara Memainkan Game PSP di Smartphone

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahannya, sekarang saatnya Anda mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk memainkan game PlayStation di smartphone android Anda. Dalam tutorial ini Kami menggunakan Smartphone Samsung Galaxy Note 10+ dengan Mode Dark dan memainkan game PSP "Metal Gear Solid-Portable Ops Plus". Untuk game lainnya Anda bisa mencoba sendiri dengan langkah-langkah yang sama.

1. Install Aplikasi Emulator

Caranya :
  • Buka aplikasi PlayStore.
  • Kemudian cari dan download aplikasi emulator PPSSPP. 
  • Install aplikasi PPSSPP pada Smartphone Anda.

Install Aplikasi Emulator - grandtekno

2. Download File Game PlayStation

Caranya :
  • Download file game PlayStation yang memiliki format ISO/BIN/PSP.
  • Simpan file hasil download di memori card khusus, atau pada folder khusus file game PlayStation di Smartphone Anda.
  • Disarankan menggunakan jaringan internet wifi, karena ukuran file game PlayStation cukup besar memakan kuota internet Anda.

Download File Game PlayStation - grandtekno

3. Uraikan / Dekompres File Rom Game

    Caranya :
    • Install aplikasi kompresi yang mendukung ekstensi file .zip, .rar, .7z.
    • Buka file rom yang telah Anda Download.
    • Kemudian dekompresi atau uraikan di folder game PlayStation Anda hingga muncul file rom game dengan ekstensi .iso, .bin, .psp.

    Dekompres File Rom Game - grandtekno

    4. Atur Folder Game di Emulator PPSSPP

    Caranya :
    • Buka aplikasi PPSSPP.
    • Atur folder game.
    • Pilih Pilihan "Create or Choose a PSP data (Memory Stick)".
    • Kemudian cari dan tetapkan folder tempat Anda menyimpan file-file game PlayStation yang telah Anda download dan dekompres tadi.
    • Kemudian Klik tombol "Gunakan folder ini"
    • Selanjutnya berikan Izin emulator untuk mengakses folder tersebut. 
    • Berikutnya klik tombol OK.
    • Maka selanjutnya akan muncul daftar game sesuai dengan file game PlayStation dalam folder Anda.

    Atur Folder Game di Emulator PPSSPP - grandtekno

    Atur Folder Game di Emulator PPSSPP - grandtekno

    Atur Folder Game di Emulator PPSSPP - grandtekno   Atur Folder Game di Emulator PPSSPP - grandtekno

    Atur Folder Game di Emulator PPSSPP - grandtekno

    5. Mainkan Game PlayStation

    Caranya :
    • Pilih game yang ingin Anda mainkan pada daftar list game Anda.
    • Klik game yang Anda ingin mainkan.
    • Selanjutnya emulator PPSSPP akan membuka game tersebut dan Anda bisa langsung memainkannya.

    Mainkan Game PlayStation - grandtekno

    Mainkan Game PlayStation - grandtekno

    Bagaimana cukup mudah bukan? Itulah Cara Memainkan Game PlayStation mulai dari game PS, PS2, atau PSP di HP Android Tanpa Melakukan Root. Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini yang belum jelas, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk berlangganan gratis update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

    ---------  Semoga bermanfaat  ---------
    Semangat! “Ada dua cara untuk menyebarkan cahaya: Anda dapat menjadi lilin atau menjadi cermin yang memantulkannya."
    - Edith Wharton
    Baca juga :

    Terima kasih sudah membaca Artikel Cara Memainkan Game PS, PS2, atau PSP di HP Android Tanpa Melakukan Root - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

    1 komentar

    1. semangat.. semangat..
      https://www.parkirwacana.com/2018/11/cara-main-game-playstation-ps-ps2-psp-di-android-tanpa-root.html
    Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.