Media Penyimpanan Data Online Gratis

Cloud storage atau penyimpanan awan adalah model penyimpanan data di mana data digital disimpan dalam komputer server yang dikelola perusahaan hosting
Media Penyimpanan Data Online Gratis

Media Penyimpanan Data Online Gratis

Anda pasti sudah paham apa itu media penyimpanan data online, yakni media penyimpanan data milik kita yang kita gunakan secara online. Buat anda yang suka menyimpan dan berbagi data secara online baik untuk keperluan personal atau bisnis, atau mungkin jika anda mempunyai media penyimpanan fisik seperti hardisk di komputer atau external dengan kapasitas yang relatif kecil tetapi anda membutuhkan banyak data yang ingin anda simpan, anda bisa menggunakan media penyimpanan online ini.

Nah bagi anda yang belum tau, Cloud storage atau penyimpanan awan adalah model penyimpanan data di mana data digital disimpan dalam komputer server, penyimpanan fisik meliputi beberapa server dan juga beberapa lokasi, dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting.

Penyedia penyimpanan awan (cloud storage) ini bertanggung jawab untuk menjaga data yang tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik harus dilindungi dan berjalan dengan baik. Orang atau organisasi dapat membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia pengelola cloud storage.

Pada artikel kali ini kami akan membagi mengenai beberapa media penyimpanan online (Cloud storage) gratis (bebas digunakan tanpa biaya) yang dapat anda gunakan untuk menyimpan data-data kesayangan anda dan anda dapat mengunduhnya atau mengambilnya kembali kapanpun dengan media internet apapun seperti komputer desktop di kantor, laptop dirumah, bahkan melalui smartphone anda.

Layanan penyimpanan awan (cloud storage) dapat diakses melalui komputer atau perangkat seperti mobile, tablets, laptop dan desktop selama perangkat tersebut terhubung dengan internet dan mempunyai akses akun ke layanan cloud storage tersebut. Juga dapat di akses melalui layanan web antarmuka pemrograman aplikasi (API) atau dengan aplikasi yang memanfaatkan API, seperti penyimpanan cloud desktop, gerbang penyimpanan awan atau sistem manajemen konten berbasis Web. (wikipedia)

Banyak sekali media penyimpanan online gratis yang tersebar di internet, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, pada artikel ini kami hanya menyampaikan beberapa media penyimpanan online gratis saja yang sering digunakan oleh kebanyakan pengguna internet.

1. GoogleDrive

Google drive adalah layanan penyimpanan data online dari perusahaan google , anda pasti sudah kenal dengan google. Kapasitas penyimpanan gratis yang disediakan sebesar 15GB, isinya yaitu tentang data - data akun google kita, seperti email yang kita simpan. Untuk mendaftar pada Google Drive anda harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Jika anda sudah mempunyai akun google maka anda sudah langsung mempunyai akses ke fasilitas penyimpanan di Google Drive, anda bisa share file yang sudah di-upload disana dengan bebas.

Selain itu Anda juga dapat menginstal aplikasi google drive untuk komputer desktop (PC), laptop bahkan smartphone Anda, sehingga saat Anda ingin meng-uploud atau mengunduh file Anda tidak harus login ke website resmi google drive. Dengan seperti ini anda akan lebih dimudahkan.

Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan (space) yang lebih luas, anda akan dikenakan biaya sekitar $1,99 perbulan untuk 100 GB ruang penyimpanan dan $9,99 perbulan untuk 1 TB ruang penyimpanan.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini http://drive.google.com

2. Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan data online gratis yang menawarkan ruang penyimpanan untuk setiap penggunanya. Kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2.5 GB yang dapat anda gunakan untuk menyimpan data anda. Fiturnya antara lain anda dapat berbagi file, membuat folder, dan ada kerajang sampah guna melakukan restore file yang sudah dihapus, anda dapat share foto dan video.

Dengan dropbox Anda dalam meng-upload file dan berbagi file dengan siapa pun meski orang yang Anda berikan akses tersebut tidak memiliki akun di dropbox. Bahkan Anda dapat menginstal aplikasi dropbox ke komputer dan mengaploud file dari komputer. Artinya untuk mengaploud file Anda tidak harus login di website drobox.

Untuk mempunyai penyimpanan online di Dropbox anda harus mempunyai akum Dropbox terlebih dahulu. Dropbox juga menawarkan tambahan space sampai dengan 18 GB apabila Anda dapat mereferensikan pendaftar baru melalui link referel yang Anda dapatkan.

Kemudian jika Anda ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang luas Anda dapat upgrade ke dropbox pro dengan biaya $9.99 perbulan untuk 1 TB ruang penyimpanan dan $15 per-user perbulan untuk ruang penyimpanan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini http://dropbox.com

3. 4shared

Selanjutnya adalah 4shared, layanan penyimpanan data online ini menyediakan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB dengan berbagai fitur yang bisa anda dapatkan. Sama halnya dengan situs penyimpanan online lainnya, 4shared juga memiliki fitur membuat folder, berbagi file yang telah kita upload, ada fitur untuk cut, copy, paste, rename, delete, dan bisa membuat file dengan extensi .zip, selain itu ada keranjang sampah yang bisa restore file anda yang sempat terhapus.

Jika ingin mengunduh file yang telah anda upload, anda harus menunggu 20 detik hingga tombol unduh muncul, untuk mempunyai penyimpanan online di 4shared anda harus membuat terlebih dahulu akunnya.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini http://4shared.com

4. MediaFire

Mediafire adalah tempat penyimpanan data online yang cukup populer di Indonesia. Mediafire menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 10 GB untuk pendaftar baru dan bisa bertambah jika ada pendaftar baru dari link refferal atau atau download aplikasi. Kapasitas tersebut terdapat juga fitur move, copy folder, membuat subfolder, rename, menambahkan deskripsi file, dan menghapus file, anda juga bisa share file yang telah di upload, serta anda bisa langsung membuat file text.

Sama halnya dengan ketiga storage yang sebelumnya mediafire bisa anda gunakan untuk mengaploud dan berbagi file kepada siapa saja, meski orang yang Anda beri akses tidak memiliki akun di mediafire.

Untuk mempunyai penyimpanan online di Mediafire anda harus mempunyai akun Mediafire terlebih dahulu. Tapi ada satu hal yang harus anda perhatikan jika anda mendaftar di mediafire, minimal setahun sekali anda harus login ke member area mediafire untuk memastikan akun anda akan tetap aktif. Karena kalau sampai dengan lebih satu tahun anda tidak pernah login maka akun Anda akan dibatalkan.

Jika anda ingin ruang penyimpanan yang lebih luas anda bisa upgrade ke paket pro dengan biaya bulanan sekitar $3.79 perbulan untuk 1 TB ruang penyimpanan. Sedangkan untuk paket bisnis anda akan dikenakan biaya sekitar $39.99 untuk 100 TB ruang penyimpanan.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini https://mediafire.com

5. pCloud

pCloud merupakan media penyimpanan yang dapat di instal di komputer dengan sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. pCloud juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile untuk perangkat iOS dan Android yang sangat mudah digunakan. pCloud memungkinkan Anda mengupload dan berbagi file kepada siapa saja meski orang yang Anda berikan akses tidak memiliki akun di pCloud.

pCloud adalah media penyimpanan data online yang memberikan ruang space sebesar 10 GB untuk pengguna baru dan tambahan sampai dengan 20 GB jika anda berhasil mereferensikan pendaftar baru melalui link refferal anda.

Jika Anda ingin upgrade ke paket premium Anda akan dikenakan biaya $3.99 untuk 500 GB ruang penyimpan, untuk paket premium plus akan dikenakan biaya $7.99 untuk 1 TB ruang penyimpanan dan untuk paket business Anda dapat berkonsultasi langsung dengan vendor yang bersangkutan.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini https://pcloud.com

6. LogMeIn

Dengan LogMeIn anda dapat menyimpan dan berbagi data secara online kepada siapapun meski orang yang anda beri akses tidak memiliki akun di LogMeIn. Kemudian anda pengguna Windows dan Mac juga dapat menginstal aplikasi LogMeIn pada komputer anda sehingga anda dapat meng-uploud file dan menghapus file dari desktop komputer anda.LogMeIn menyediakan ruang penyimpanan data online secara gratis sebesar 5GB dan bisa anda tingkatkan sampai dengan 25 GB jika anda berhasil mengajak pengguna baru untuk mendaftar melalui link refferal anda. 

Jika anda ingin mendapat ruang penyimpanan yang lebih besar di LogMeIn, anda bisa upgrade ke versi pro dengan biaya bulan sekitar $3.99 untuk 100 GB ruang penyimpanan. Atau upgrade ke versi enterprize dengan biaya bulanan $39.99 untuk lima user dan untuk ruang penyimpanan sebesar 1 TB.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini https://logmein.com

7. Hidrive

Hidrive adalah layanan penyimpanan data online yang memberikan ruang penyimpanan sebesar 5GB dan bisa anda tingkatkan sampai dengan 10 GB apabila anda berhasil mengajak orang lain bergabung melalui link refferal anda. Jika anda ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas, anda bisa upgrade paket ke versi premium dengan harga $6.54 untuk 100 GB ruang penyimpanan dan $14.13 untuk 500 GB ruang penyimpanan.

Sama halnya dengan yang lain, dengan menggunakan Hidrive anda dapat menyimpan dan berbagi data secara online kepada orang lain meskipun orang yang anda maksud tidak terdaftar di Hidrive.

Hidrive juga menyediakan aplikasi yang bisa anda download di iPhone; iPad, Android, Windows phone dan Windows 8. Hidrive sendiri bisa bekerja di sistem operasi Window dan Mac.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini https://free-hidrive.com

8. Sync

Sync adalah layanan penyimpanan data online yang menyediakan ruang penyimpanan sebesar 5GB untuk pendaftar baru. Namun untuk bisa mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan tersebut ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya adalah Install Sync di komputer, menginstal Sync di mobile dan beberapa lagi yang lain.

Sync dapat anda gunakan untuk menyimpan file dan berbagi file kepada orang lain meski mereka tidak punya akun di Sync. Selain itu juga anda dapat menyimpan file data dari web atau pun dari aplikasi desktop dan mobile.

Jika Anda ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas anda bisa upgrade ke paket business pro dengan biaya $49 pertahun untuk ruang penyimpanan 500 GB atau $98 pertahun untuk ruang penyimpanan 2 TB.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini https://sync.com

9. CloudMe

CloudMe adalah layanan penyimpanan data online atau cloud storage yang menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 3 GB dan dapat anda tingkatkan sampai dengan 19 GB jika ada orang lain yang mendaftar dari link refferal anda.

CloudMe mendukung aplikasi desktop dan mobile seperti iPhone, iPad, dan Android. Kemudian sama seperti yang lainnya, CloudMe juga dapat anda gunakan untuk menyimpan data dan berbagai data kepada orang lain. Bahkan anda juga dapat memberikan passwrod untuk folder yang Anda buat.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi langsung situs resminya disini https://cloudme.com/en/signup/.

Itulah beberapa media layanan penyimpanan data online yang dapat kami sajikan dalam artikel ini. Apabila anda ingin memberikan masukan dan tambahan terkait layanan penyimpanan data online untuk melengkapi artikel ini, anda dapat mengisinya di kolom komentar, jangan pernah sungkan atau ragu untuk berkomentar, apalagi untuk memberi masukan. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Kebaikan adalah seorang yang matanya penuh perhatian, serta tangannya yang penuh manfaat”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Media Penyimpanan Data Online Gratis - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

2 komentar

  1. Tambahan gaes StasiunFile
    https://st-file.com
  2. Terimakasih infonya. Ada lagi kak, Website sejenis namanya Giga.im, dapat free 100 GB.
Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.