Cara Memperbaiki Selang Tinta Printer Infus Tidak Lancar - Printer Masuk Angin

Hasil cetakan putus-putus merupakan masalah yang sering terjadi, banyak faktor yang menyebabkan printer tidak dapat mencetak sebagaimana mestinya.
Cara Memperbaiki Selang Tinta Printer Infus Tidak Lancar - Printer Masuk Angin

Memperbaiki Selang Tinta Printer Infus Tidak Lancar

Anda memiliki printer dengan jenis tinta infus dan disaat anda membutuhkan printer tersebut untuk mencetak dokumen, disaat itu pula hasil cetakan printer anda tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya, hasil yang tidak sesuai, hasil cetakan putus-putus dan kombinasi cetakan warna tidak sama dengan dokumen anda.

Permasalahan ini sering terjadi, banyak faktor yang bisa menyebabkan printer tidak dapat mencetak sebagaimana mestinya. Dalam artikel kali ini, grandtekno akan berbagi tips dan tutorial cara memperbaiki tinta printer infus yang tidak lancar.

Printer dengan sistem tinta infus sangat memudahkan dan praktis dalam operasionalnya sehingga banyak orang yang menyukai penggunaan printer dengan sistem infus ini.

Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

Dengan sistem infus maka pengisian tinta dapat terkontrol dengan baik, sehingga tidak perlu setiap saat kita kuatir akan kehabisan tinta, apabila sudah mau habis, maka dengan mudah melakukan pengisian kembali. Namun disisi lain, printer dengan sistem tinta infus juga memiliki kelemahan, yaitu terkadang terjadi penghambatan aliran tinta pada selang-selang infus sehingga bisa mempengaruhi hasil cetak menjadi tidak jelas atau bahkan menjadi putus-putus.

Faktor utama yang kebanyakan terjadi pada printer dengan jenis tinta infus adalah adanya gelembung udara atau rongga udara pada selang infus tinta yang menghambat kelancaran aliran tinta, atau kerap juga diistilahkan dengan selang infus yang masuk angin.

Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

Anda dapat mencoba memperbaiki sendiri printer infus tersebut dirumah sehingga Anda dapat meminimalisir pengeluaran untuk perbaikan. Lebih jelasnya, simak cara perbaikannya pada artikel ini.

Bahan yang Dibutuhkan

Dimana bahan yang harus disiapkan antara lain:
  • Suntikan tinta, siapkan suntikan tinta sesuai warna tinta yang terhambat alirannya.
  • Penjepit kertas atau kliper, berguna untuk menjepit selang infus sementara waktu.
  • Tisu, digunakan untuk membersihkan ceceran tinta.

    Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

    Penyiapan Printer Langkah awal adalah menyiapkan perangkat printer tang akan diperbaiki, tahapannya sebagai berikut:
    • Hidupkan printer.
    • Hubungkan printer dengan komputer atau laptop anda.
    • Buka penutup atau cover printer.
    • Periksa kondisi selang infus tinta printer. Perhatikan selang infus tersebut, tampak aliran tinta tidak lancar karena ada rongga udara dalam selang infus tersebut.

    Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

    Proses Perbaikan Infus

    Selanjutnya untuk proses perbaikannya sebagai berikut:
    • Buka penutup tempat cartridge tinta, dan keluarkan cartridge dari printer.
    • Kemudian lepas semua selang infus yang ada di cartridge.

      Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

      • Selanjutnya isi tinta kedalam cartridge hingga penuh untuk membuang udara didalam cartridge.

      Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

      • Bersihkan bekas tumpahan tinta pada cartridge.
      • Apabila ada sisa tinta pada suntikan, sebaiknya anda isikan pada botol infus, karena nantinya anda membutuhkan suntikan yang kosong tanpa tinta untuk proses selanjutnya.

      Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

      • Lakukan pengisian perlahan-lahan hingga tinta penuh, pada semua warna pada cartridge baik itu cartridge berwana maupun cartridge hitam yang selang infusnya akan Anda perbaiki.
      • Setelah pengisian cartridge selesai, langkah selanjutnya adalah anda harus melakukan pembuangan udara di dalam setiap selang infus.
      • Gunakan suntikan yang telah kosong tanpa jarum suntik, kemudian tempatkan ujung suntikan pada bagian lubang kecil di botol infus.
      • Lakukan suntikan udara untuk mendorong tinta dari botol infus ke selang infus perlahan-lahan hingga tampak aliran tinta pada selang infus. Proses ini bertujuan untuk mendorong keluar udara yang ada di selang infus agar tinta dalam selang infus nantinya dapat berjalan dengan lancar. Lakukan pada semua jenis warna botol infus yang mengalami masalah ini.
      • Dorong semua udara pada selang infus hingga selang infus sepenuhnya telah terisi tinta.

      Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

      • Kalau sudah, ambil penjepit kertas, kemudian jepitkan pada bagian selang infus di dekat botol infus untuk sementara menahan aliran tinta.

      Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

      • Bersihkan ujung-ujung selang infus dari bekas tumpahan tinta.
      • Cek kembali selang infus apakah masih ada rongga udara atau tidak. Setelah anda pastikan selang infus telah terisi tinta tanpa adanya rongga udara.

      Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

      Pemasangan Kembali Infus

      Selanjutnya anda dapat memasang kembali cartridge kedalam printer dan pasang selang infus pada cartridge seperti semula.
      • Perhatikan jangan sampai salah memasang jenis warna selang infus pada cartridge.
      • Tutup pengunci cartridge dan tutup printer seperti semula.
      • Lepas kembali penjepit kertas tadi dari selang infus untuk membuka hambatan aliran tinta.

        Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

        Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

        Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

        Proses Maintenance Cleaning

        Langkah selanjutnya adalah melakukan maintenance printer dengan cara cleaning cartridge. 
        • Lakukan cleaning pada cartridge printer untuk membuang sisa-sisa udara didalam cartridge.
        • Buka printer properties, kemudian pilih tab maintenance, selanjutnya klik pilihan cleaning untuk membuka jendela print head cleaning.
        • Selanjutnya pilih group warna cartridge yang ingin anda cleaning. pilih saja All colors.
        • Kemudian klik tombol excute untuk memulai proses cleaning printer.
        • Klik ok pada informasi peringatan yang muncul, bahwa disaat printer melakukan maintenance cleaning, anda tidak boleh melakukan perintah apapun terhadap printer tersebut sebelum printer itu selesai melakukan maintenance.
        • Tunggu prosesnya sampai selesai.
        • Kemudian akan muncul jendela nozzle check untuk melakukan pengecekan pada hasil cetakan printer setelah dilakukan proses cleaning. klik saja tombol print check pattern untuk mengecek hasil cetakan printer.

          Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

          Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

          Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

          Selanjutnya anda bisa melihat hasil cetakannya. Apakah masih terputus-putus hasil cetakannya, ataukan sudah baik sebagaimana mestinya. Apabila cara diatas step by step diikuti secara benar, Kami yakin hasil cetakan printer Anda sudah baik dan normal.


          Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

          Namun apabila hasil cetakan masih kurang bagus, coba lakukan proses cleaning maintenance printer berulang-ulang 1 atau 2 kali lagi, hingga anda dapat memperoleh hasil cetakan yang sudah sesuai atau normal. Selanjutnya anda sudah bisa mencetak dokumen anda kembali.

          Perbedaan kondisi selang infus sebelum diperbaiki dan kondisinya saat telah diperbaiki:

          Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus


          Hasil cetakan printer sebelum dan sesudah diperbaiki:

          Cara Memperbaiki Printer Tinta Infus

          Bagaimana mudah bukan? semoga berguna. Untuk lebih jelasnya Anda bisa juga lihat panduannya pada video disini:

          Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini yang belum jelas, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk berlangganan gratis update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.


          ---------  Semoga bermanfaat  ---------
          Semangat! “Ambillah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal - Claude T. Bissell”
          Baca juga :
          Ingin membuat Website? atau membuat aplikasi android untuk website Anda? Ingin membuat iklan di grandtekno? Hubungi kami : admin@grandtekno.com

          Terima kasih sudah membaca Artikel Cara Memperbaiki Selang Tinta Printer Infus Tidak Lancar - Printer Masuk Angin - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

          Posting Komentar

          Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.