Tips Cara Disable Update Otomatis di Windows (Video Tutorial)

Terkadang bagi para pengguna Windows yang mempunyai kuota data internet terbatas, update Windows otomatis menjadi kendala bagi mereka.
Tips Cara Disable Update Otomatis di Windows

Cara Disable Update Otomatis di Windows

Pada dasarnya pembaruan otomatis (automatic updates) dapat membuat komputer atau laptop Anda lebih cepat dan lebih aman. Akan tetapi, tak sedikit dari pengguna Windows yang menganggap hal ini sedikit mengganggu. Permasalahan inilah yang sering ditemukan oleh para pengguna komputer dan laptop Windows. Sistem operasi Windows memang memiliki fitur automatic updates yang datangnya sering tidak tentu.

Terkadang bagi para pengguna Windows yang mempunyai kuota data internet terbatas, bahkan yang sedang bermain game online, pengaturan windows update secara otomatis tentu cukup merugikan mereka.

Diantaranya bisa membuat pemborosan kuota data internet serta mengakibatkan lag pada permainan game online tersebut karena disaat bersamaan windows melakukan update otomatis di backgroud. 

Selain itu, fitur automatic updates secara berkala ini biasanya dapat menunda proses reboot dan shutdown pada komputer atau laptop kita untuk menerapkan hasil pembaruan, sehingga hal ini dirasa mengganggu apabila kita membutuhkan waktu cepat untuk restart komputer kita dan digunakan kembali. Karena alasan tersebut maka banyak pengguna Windows 10 yang menginginkan fitur tersebut untuk dimatikan. 

Walaupun di Windows pengaturan ini diatur otomatis agar komputer anda tetap terlindungi dan dapat memiliki kondisi terbaik. Namun, ada cara untuk mematikan fitur pembaharuan otomatis / automatic updates pada komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Tips ini adalah cara menghentikan pengiriman update dari Microsoft secara total. Sehingga suatu saat apabila Anda mendapatkan jaringan yang tak terbatas dan stabil atau sedang malas untuk bermain game online lagi, maka fitur ini bisa diaktifkan kembali.

Mematikan update otomatis secara total tidak Kami rekomendasikan, karena Windows 10 merupakan OS termutakhir saat ini yang telah dioptimalisasikan untuk perangkat modern. Pembaruan yang diberikan bertujuan untuk menjaga performa sekaligus keamanan. Dengan banyaknya ancaman dari dunia maya, melakukan pembaruan secara berkala adalah cara paling aman dan mudah untuk meminimalisir resiko tersebut.

Mematikan Update Otomatis pada Windows

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan :
  • Pilih icon search atau klik pada icon windows pada pojok kiri bawah start menu (klik logo windows start menu).
  • Ketikan "Services" tanpa tanda petik, kemudian akan muncul program Services, pilih Services.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Services, sorot ke bawah pada sub jendela name, cari Windows Update, kemudian pilih dan klik Windows Update.
  • Maka akan muncul jendela Windows Update Properties, pada kondisi default startup type windows update adalah Automatic. Maka pada service status klik tombol stop, kemudian buka pilihan startup type untuk memilih pengaturan startup type-nya.
  • Dalam Startup Type terdapat 4 (empat) pilihan perintah dalam menjalankan windows update, silahkan pilih Disable untuk mematikan penggunaan windows update. Apabila nantinya Anda ingin menggunakan kembali windows update maka anda bisa ulangi langkah ini dan rubah pilihan startup typenya menjadi Automatic atau Manual sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Selanjutnya Anda bisa klik tombol Apply untuk mulai menjalankan pilihan Anda, kemudian klik tombol OK untuk menutup jendela Windows Update Properties.

Mulai sekarang Windows Update tidak akan lagi dijalankan secara otomatis, itulah tips untuk mematikan update otomatis di Windows 10 secara total, bisa jadi opsi sementara untuk memangkas penggunaan data dan meminimalkan lag dalam permainan game online Anda.

Untuk lebih jelasnya, panduan Tips Cara Disable Update Otomatis di Windows 10 dapat juga anda simak pada video berikut ini.

  

Jangan lupa Subscribe Channel video tersebut untuk mendapatkan update video-video terbarunya, klik disini.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Kadang kita diberikan rasa kesepian yang mendalam, agar kita dapat lebih menghargai Indahnya Kebersamaan”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Tips Cara Disable Update Otomatis di Windows (Video Tutorial) - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

2 komentar

  1. mantap kak
    1. makasih, semoga berguna :)
Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.