Cara dan Teknik Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula

Dengan hadirnya kamera DSLR menjadikan para pecinta fotografi amat terbantu dalam mengambil gambar yang hasilnya lebih tajam, detail dan kreatif. Kamera DSLR sendiri hadir dengan memberi warna baru di dunia fotografi berbekal fitur dan inovasi baru yang sangat mengesankan. Bagi para fotografer pemula yang dulunya menyalurkan hobi tidak dengan DSLR, mungkin anda harus sedikit beradaptasi karena cara mengambil gambar dari kamera ini berbeda dengan penggunaan kamera saku atau smartphone.
Cara dan Teknik Menggunakan Kamera DSLR Bagi Newbie

Cara menggunakan kamera DSLR

Dengan hadirnya kamera DSLR menjadikan para pecinta fotografi amat terbantu dalam mengambil gambar yang hasilnya lebih tajam, detail dan kreatif. Kamera DSLR sendiri hadir dengan memberi warna baru di dunia fotografi berbekal fitur dan inovasi baru yang sangat mengesankan. Bagi para fotografer pemula yang dulunya menyalurkan hobi tidak dengan DSLR, mungkin anda harus sedikit beradaptasi karena cara mengambil gambar dari kamera ini berbeda dengan penggunaan kamera saku atau smartphone.

Oleh sebab itu, penting kiranya kita mengetahui informasi mengenai cara menggunakan kamera DSLR untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurna. Bagi anda para newbie yang masih kebingungan melakukan pengaturan dalam kamera DSLR, berikut beberapa cara yang mudah untuk anda ikuti.

1. Kenali tombol yang terdapat pada kamera DSLR

Cara menggunakan kamera DSLR yang amat penting adalah mengenal setiap tombol yang terdapat pada kamera tersebut. Saat anda menggunakan kamera profesional ini, tentunya anda merasakan ada yang berbeda dibandingkan ketika anda menggunakan kamera saku. Jadi, anda harus meluangkan waktu anda untuk mempelajari ikon tombol apa saja yang ada dalam kamera tersebut sehingga anda bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Pada setiap tipe kamera umumnya terdapat tombol setting yang sedikit berbeda. Oleh karena itu, anda bisa mempelajari semua tombol yang ada dengan membaca manual book yang ada. Anda harus mengetahui dimana letak tombol pengaturan autofocus, white balance, dan ISO.

2. Memahami mode shutter dan aperture

Pemahaman mengenai mode shutter dan aperture ini sangat penting bagi para pengguna kamera DSLR pemula. Kedua mode ini merupakan fitur yang amat penting dalam kamera digital. Jika kita memahami penggunaan mode tersebut dengan benar, maka kita akan lebih mudah untuk mengambil gambar.

3. Mengenali penggunaan fitur White Balance

Cara menggunakan kamera DSLR berikutnya adalah mengenal white balance untuk menyetting kamera agar hasil pemotretan objek dapat sesuai dengan warna yang diharapkan.

4. Mengenal penggunaan histogram

Komponen histogram merupakan salah satu komponen yang paling vital dalam kamera digital. Mengenali penggunaan komponen histogram menjadi cara menggunakan kamera DSLR yang wajib anda ikuti untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghasilkan gambar objek yang detail.

5. Melepas shutter

Tombol shutter yang terdapat pada kamera DSLR tidak bisa digunakan secara sembarangan. Kita harus mempelajari bagaimana teknik melepas tombol shutter yang benar sebagai tips dasar fotografi. Terkadang saat kita tidak sengaja menekan tombol shutter hanya setengahnya maka hal tersebut akan merubah fokus lensa. Jadi kita harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk melepas tombol shutter tersebut saat memotret.

6. Mengunci fokus

Salah satu cara menggunakan kamera DSLR yang harus dikuasai oleh para fotografer adalah teknik mengunci fokus. Dengan melakukan penguncian yang tepat maka kita bisa memperoleh focal length yang tepat untuk hasil gambar yang detail dan fokus.

7. Memanfaatkan flash kamera

Bagi para newbie, penggunaan kamera flash mungkin terdengar sepele. Namun sebenarnya pemanfaatan kamera flashini mampu memberikan kesan mendalam pada hasil foto. Anda dapat menyetting pencahayaan agar subjek yang diambil terlihat lebih jelas. Namun yang harus diingat, kita tidak boleh salah dalam memanfaatkan flash kamera supaya hasil foto yang kita ambil tidak terlalu terang.

8. Pemahaman mengenai Point of Interest

Sebuah foto harus memiliki point of interest agar setiap mata orang langsung fokus pada foto tersebut. Point of Interest (POI) merupakan teknik mengambil sebuah titik fokus yang paling menarik dalam sebuah gambar atau foto, dimana dalam penerapannya Point of Interest ini sangat penting dan harus ada pada tiap foto yang dihasilkan. 

Anda dapat menentukan POI dengan menggunakan komposisi yang bervariasi, bagian fokus atau ketajaman pada suatu foto juga bisa Anda jadikan sebagai POI dimana orang lain tidak mungkin melihat benda yang lain disekitar karena adanya efek blur yang anda gunakan untuk memberikan efek POI pada suatu titik.

9. Memakai horizon

Gunakan patokan horizon pada kamera disaat Anda menempatkan suatu subjek foto. Penggunakan horizon ini dapat mempermudah Anda para fotografer saat memotret khususnya pada objek landscape.

10. Memenuhi layar

Seringkali saat kita mengambil gambar, kita menempatkan subjek yang agak jauh. Ini menjadikan hasil foto nampak tidak penuh atau kosong. Sebaliknya, jika kita dekat dengan subjek yang akan difoto maka subjek bisa memenuhi layar dan tidak akan ada ruang kosong lagi.

11. Pemilihan background yang tepat

Cara menggunakan kamera DSLR yang tak kalah penting lainnya adalah pemilihan background yang tepat. Subjek yang bagus jika tidak didukung dengan background yang tepat maka foto yang dihasilkan pun nampak kurang sempurna.

12. Memotret secara random

Teknik atau cara menggunakan kamera DSLR terakhir adalah memotret secara random. Anda bisa menemukan kreativitas dan improvisasi baru dengan memotret secara acak subjek apa yang ada di depan mata.

13. Membersihkan kamera digital

Lensa adalah bagian terpenting pada kamera. Kita harus menjaga kebersihan lensa setiap saat. Uasahakan untuk tidak mengganti lensa disembarang lokasi agar tidak membuat lensa tersebut menjadi kotor. Kita juga harus selalu berhati-hati dalam memotret objek di lokasi yang berdebu. Selain itu, kita juga harus berhati-hati saat membersihkan lensa agar tidak tergores.

Kesimpulan

Beberapa cara menggunakan kamera DSLR diatas diharapkan dapat membantu para newbie dalam memanfaatkan fungsi kamera digital kekinian tersebut dengan maksimal. Setelah mengetahui teknik dan fungsi kamera digital ini, anda akan lebih leluasa dalam mengambil gambar dengan hasil yang memuaskan. Kira-kira kemana tujuan hunting foto anda selanjutnya?

Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini yang belum jelas, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk berlangganan gratis update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.


---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! Kesuksesan diawali dengan mimpi, dipengaruhi oleh persepsi, dan diwujudkan oleh tindakan
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Cara dan Teknik Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.