2 Cara Menyimpan Hasil Scan Dokumen ke Format PDF

Cara menyimpan hasil scanner dokumen apapun ke dalam format PDF di Windows 10 tanpa menggunakan aplikasi tambahan buatan pihak ketiga. Hal ini juga bisa diterapkan pada komputer atau laptop dengan basis versi Windows sebelumnya, dimana Windows 10 Microsoft maupun versi sebelumnya juga menanamkan aplikasi Fax and Scan yang dapat kita manfaatkan untuk menghubungkan antara Windows dengan scanner. Untuk versi WIndows sebelumnya meskipun aplikasi Fax and Scan sudah cukup sempurna untuk digunakan sebagai scanner dokumen, akan tetapi aplikasi ini tidak bisa langsung dapat menyimpan hasil scan dokumen dengan format PDF. Maka untuk membuatnya menjadi PDF harus
2 Cara Menyimpan Hasil Scan Dokumen ke Format PDF

Cara Menyimpan Hasil Scan Dokumen ke Format PDF

Apakah Anda kesulitan bagaimana cara menyimpan hasil scan dokumen ke dalam format PDF di Windows 10? Apa Anda merasa terlalu repot jika harus mengunduh aplikasi buatan pihak ketiga terlebih dahulu untuk melakukan konversi hasil scan dokumen menjadi PDF?

Nah, untuk solusi dalam mengatasi masalah tersebut, pada artikel tutorial kali ini grandtekno akan membahas cara mudah melakukan scan dokumen menggunakan printer multi fungsi maupun scanner lainnya dengan menggunakan komputer PC atau laptop dengan basis sistem operasi Windows 10 yang nantinya dapat Anda simpan menjadi file dengan format PDF.

Cara disini dilakukan untuk menyimpan hasil scanner dokumen apapun ke dalam format PDF di Windows 10 tanpa menggunakan aplikasi tambahan buatan pihak ketiga. Hal ini juga bisa diterapkan pada komputer atau laptop dengan basis versi Windows sebelumnya, dimana Windows 10 Microsoft maupun versi sebelumnya juga menanamkan aplikasi Fax and Scan yang dapat kita manfaatkan untuk menghubungkan antara Windows dengan scanner.

Untuk versi WIndows sebelumnya meskipun aplikasi Fax and Scan sudah cukup sempurna untuk digunakan sebagai scanner dokumen, akan tetapi aplikasi ini tidak bisa langsung dapat menyimpan hasil scan dokumen dengan format PDF.

Maka untuk membuatnya menjadi PDF harus disimpan terlebih dahulu hasil scan dengan format *.jpg (format gambar) yang kemudian dicetak hasilnya dengan menggunakan fitur Print (Microsoft Print to PDF) untuk mengubah format dokumen *.jpg tersebut tadi ke format *.pdf.

Pada Windows 10 selain Anda dapat menggunakan aplikasi Fax and Scan, Anda juga dapat menggunakan fitur Windows Scan yang telah ada disematkan pada komputer dan laptop berbasis Windows 10 versi terbaru untuk memudahkan Anda secara langsung menyimpan hasil scan ke format PDF.

Selain merubah dokumen ke format PDF, versi Windows Scan ini juga dapat menyimpan hasil scan semua dokumen menjadi beberapa format lain yang berguna, diantaranya format JPEG, PNG, TIFF, BMP, dan format XPS.

Untuk memudahkan Anda mencobanya, langsung aja simak cara dan langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk menyimpan hasil scan dokumen menjadi format PDF berikut ini:

Cara Pertama - Menyimpan Hasil Scanner Dokumen ke Format PDF Dengan Menggunakan Windows Fax & Scan

Menyimpan Hasil Scanner Dokumen ke Format PDF Dengan Menggunakan  Windows Fax & Scan

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Windows Fax dan Scan untuk menyimpan hasil scanner ke format PDF di Windows 10.

  • Cari dan buka aplikasi "Windows Fax & Scan".
  • Kemudian klik tombol "New Scan" yang ada di bagian toolbar atas.
  • Pilihlah perangkat scanner yang hendak Anda gunakan untuk scan dokumen.
  • Caranya dengan melakukan klik pada tombol "Change" pada label Scanner.
  • Pada bagian Profile silahkan Anda pilih tipe file yang akan digunakan untuk pemindaian atau scan dokumen.
  • Anda dapat memilih antara format dokumen Photo atau Documents.
  • Selanjutnya klik tombol "Scan" untuk memulai proses pemindaian dokumen.
  • Setelah proses scanner selesai kemudian klik pada menu "File" lalu klik pilihan "Print".
  • Kemudian pada jendela Print, pilihlah printer "Microsoft Print to PDF" dari menu pilihan drop down Printer.
  • Selanjutnya klik tombol Print.
  • Maka akan muncul jendela "Save as".
  • Anda dapat memberikan nama hasil scan sesuai dengan keinginan Anda.
  • Terakhir klik tombol Save jika sudah.

Cara Kedua - Menyimpan Hasil Scanner Dokumen ke PDF Dengan Menggunakan Windows Scan

Menyimpan Hasil Scanner Dokumen ke PDF Dengan Menggunakan Windows Scan

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Windows Scan untuk menyimpan hasil scanner dokumen Anda ke format PDF di Windows 10.

  • Pertama kali cek terlebih dahulu apakah aplikasi Windows Scan sudah ada di Windows 10 Anda.
  • Jika belum ada sebaiknya Anda kunjungi Windows Store untuk mengunduh dan memasang aplikasi Windows Scan di komputer atau laptop Anda secara otomatis.
  • Selanjutnya nyalakan perangkat scanner Anda dan buka aplikasi Windows Scan.
  • Pilihlah perangkat scanner yang akan Anda gunakan pada drop down Scanner sesuai dengan jenis dan type scanner Anda.
  • Pada pilihan "File type" ganti dan rubah menjadi "PDF".
  • Selanjutnya klik tombol Scan untuk memulai proses scanning dokumen.
  • Sebelum melakukan scanning dokumen, Anda juga dapat melihat preview dokumen yang ingin Anda scan dengan cara klik icon Preview.
  • Setelah proses scanning dokumen selesai, maka akan muncul icon View the scanned.
  • Selanjutnya secara otomatis Windows Scan akan menyimpan hasil scan dokumen berupa file PDF tadi ke folder Pictures\Scans
Bagaimana.. mudah bukan membuat file PDF?

Demikianlah 2 Cara Menyimpan Hasil Scan Dokumen ke Format PDF, apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini yang belum jelas, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk berlangganan gratis update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! "Hidup Anda akan jauh lebih bahagia dan tenang di saat Anda berdamai dengan diri Anda sendiri. Terima kekuranganmu dan belajar ikhlas menerima keberhasilan orang lain. Maka hidup Anda akan dirubah sepenuhnya oleh Tuhan
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel 2 Cara Menyimpan Hasil Scan Dokumen ke Format PDF - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.