7 Cara Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Bermain Mobile Legends

Para game mania pasti kenal dan menyukai salah satu games pada smartphone yang terkenal ini, game Mobile Legends. Penggunaan aplikasi game Mobile Legends pada dasarnya merupakan permainan online yang membutuhkan sinyal internet yang kuat dan stabil. Pastinya para gamers Mobile Legends pernah merasakan pada saat bermain terjadi lag atau keterlambatan tampilan game dari apa yang seharusnya terjadi secara realt-time.
Cara Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Bermain Mobile Legends

Cara Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Bermain Mobile Legends

Para game mania pasti kenal dan menyukai salah satu games pada smartphone yang terkenal ini, game Mobile Legends. Penggunaan aplikasi game Mobile Legends pada dasarnya merupakan permainan online yang membutuhkan sinyal internet yang kuat dan stabil. Pastinya para gamers Mobile Legends pernah merasakan pada saat bermain terjadi lag atau keterlambatan tampilan game dari apa yang seharusnya terjadi secara realt-time.

Sudah dapat dipastikan apabila Anda memainkan game ini lalu terjadi lag maka Anda kesal dengan kondisi tersebut, karena apabila terjadi lag saat bermain dapat menyebabkan keterlambatan mengambil tindakan dalam bermain, bahkan bisa-bisa tokoh dalam permainan Anda akan terbunuh akibat tidak dapat menghindar ataupun lari dari sergapan musuh, yang pada akhirnya akan berdampak pada kekalahan tim Anda, bisa-bisa Anda terus-terusan terjebak di ranking rendah.

Berikut ini beberapa cara untuk memperkuat sinyal smartphone agar bermain game Mobile Legends tidak lag dengan sinyal yang stabil.

1. Mengatur Jaringan 

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat sinyal ponsel adalah dengan cara mengatur jaringan pada ponsel atau smartphone Anda. Caranya cukup mudah, untuk lebih jelasnya lihat petunjuk pada gambar dibawah serta ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada keypad atau keyscreen dial phone smartphone Anda ketik kode *#*#4636#*#*, maka akan muncul menu Pengujian Ponsel.
  • Kemudian pada menu pilihan, pilih Informasi Telepon. Apabila ponsel Anda terpasang 2 (dua) kartu SIM maka akan muncul 2 pilihan informasi telpon, pilihlah Informasi telepon1 bila pengaturan sinyal internet Anda menggunakan SIM Card1, begitu juga sebaliknya tergantung pada SIM berapa anda mengaktifkan jaringan internet.
  • Kemudian akan muncul tampilan Informasi Telepon, silahkan Anda geser scroll layar ke bagian bawah dan temukan baris informasi "Setel jenis jaringan yang disukai", pilihlah pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis ponsel Anda. Anda dapat memilih WCDMA Only untuk ponsel yang masih menggunakan jaringan 3G, sedangkan untuk ponsel yang sudah menggunakan jaringan 4G sebaiknya Anda memilih LTE/GSM Auto untuk ponsel GSM dan LTE/CDMA Auto untuk ponsel CDMA dengan SIM Injection.
  • Tujuan memilih pengaturan tersebut agar pada saat ponsel kehilangan jika jaringan 4G maka secara otomatis jaringan akan dialihkan pada jaringan 3G atau EDGE sesuai jaringan kuat yang tersedia. Hal ini perlu dilakukan karena jaringan 4G belum stabil di Indonesia.
  • Setelah melakukan pengaturan tersebut, simpan dan tutup, kemudian lakukan restart ponsel Anda.
  • Setelah ponsel menyala kembali, coba mainkan game Mobile Legends Anda.

    Cara Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Bermain Mobile Legends

    2. Aktifkan Speed Mode 

    Langkah selanjutnya untuk memperkuat sinyal ponsel saat bermain Mobile Legends agar tidak lag adalah dengan cara mengaktifkan Speed Mode yang ada pada game tersebut. Caranya sebagaimana ditunjukan dalam gambar dibawah, atau ikuti langkah-langkah berikut ini:

    • Buka menu Pengaturan, pada menu sebelah kiri pilih pengaturan Dasar.
    • Kemudian pada pilihan sebelah kanan geser layar hingga kebawah, dan temukan pilihan Speed Mode.
    • Atur pengaturan Speed Mode menjadi ON

    Dengan mengaktifkan speed mode ini, maka sinyal ponsel Anda akan diperkuat dengan mencari dan mempertahankan sinyal terbaik yang dapat diterima oleh ponsel sekalipun ponsel Anda masih menggunakan fitur 3G, sehingga kemungkinan terjadi lag cukup kecil karena kekuatan ponsel Anda telah dioptimalkan dengan pengaturan ini. Namun dilain sisi, dengan mengaktifkan fitur ini maka akan mempengaruhi kuota data internet Anda yang cenderung lebih boros.


    Cara Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Bermain Mobile Legends

    3. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal 

    Apabila langkah-langkah diatas masih dirasa kurang memberikan pengaruh yang optimal pada penguatan sinyal ponsel Anda atau masih terjadi lag yang sering pada saat memainkan game Mobile Legends, Anda dapat mencoba untuk menggunakan aplikasi penguat sinyal tambahan.

    Aplikasi penguat sinyal dapat membantu membuat sinyal ponsel menjadi stabil. Terdapat beberapa aplikasi penguat sinyal yang dapat Anda coba untuk digunakan, antara lain:

    • WiFi Booster Easy Connect. Apabila Anda sering menggunakan jarigan internet Wifi, maka aplikasi WiFi Booster Easy Connect akan membantu smartphone memperkuat sinyal Wifi yang diterima. Aplikasi ini akan menambah kecepatan data internet yang diterima, aplikasi ini cukup ringan sehingga tidak memakan banyak ruang memori ponsel Anda. 
    • 4G LTE Signal Booster Network. Aplikasi ini dapat memperkuat sinyal 4G pada ponsel Anda, aplikasi ini memiliki fitur ping dan tampilan bar sinyal. Apabila Anda mendapatkan nilai ping yang rendah"maka dapat dipastikan sinyal pada ponsel Anda sudah dioptimalkan.
    • Internet Booster & Optimizer. Aplikasi ini juga berguna untuk meningkatkan kecepatan data internet dan browsing pada perangkat ponsel dengan melakukan optimasi pelayanan jaringan sinyal. Aplikasi ini mendukung koneksi data melalui WiFi atau jaringan seluler 2G, 3G, dan 4G LTE. 
    • Network Signal Booster. Aplikasi ini cukup mudah penggunaannya, hanya dengan satu sentuhan, aplikasi akan melakukan penyegara sinyal. Aplikasi ini juga dapat memberikan sinyal terbaik berdasar lokasi tanpa harus melakukan booting ulang smartphone Anda. 
    • WiFi Overview 360. Aplikasi ini khusus ditujukan untuk melacak lokasi terbaik untuk jaringan Wifi. Aplikasi ini juga akan memberikan informasi terkait jaringan Wifi yang digunakan dan dioptimalkan, antara lain infomrasi mengenai nama, kekuatan sinyal, nomor channel, dan enkripsi. Aplikasi ini akan memberikan tampilan adanya semua jaringan Wifi yang berada disekitar Anda, sehingga Anda dapat memilih jaringan terbaik mana yang akan Anda digunakan.
    • Network Signal Info. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar yang juga meyediakan versi gratisannya. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mencari sinyal seluler dan Wifi yang terbaik. Aplikasi ini dapat memberikan petunjuk kekuatan sinyal ponsel bar yang lebih detail hingga 14 bar, guna menunjukan kekuatan sinyal seluler dan Wifi yang Anda gunakan. 

    Itulah beberapa aplikasi tambahan penguat sinyal ponsel yang dapat Anda gunakan untuk membantu memperkuat atau mencari sinyal ponsel yang lebih kuat agar saat Anda memainkan game Mobile Legend dapat berjalan dengan lancar.

    4. Gunakan Kartu Provider Seluler Yang Stabil

    Cara selanjutnya adalaha gunakan karu provider seluler yang stabil. Anda dapat memilih untuk menggunakan kartu SIM dari provider yang bagus dan stabil didaerah Anda. Tidak semua memiliki jaringan yang bagus dan stabil di semua wilayah, maka Anda perlu mencari informasi terhadap provider SIM Card yang bagus di wilayah Anda. 

    Apabila Anda sudah terlanjur dan tidak ingin gantu SIM Card Anda dengan provider lain yang lebih bagus, Anda dapat menjadikan SIM Card baru dari provider yang terbagus tersebut hanya sebagai penggunaan internet saja tanpa harus mengganti SIM Card lama Anda.

    5. Matikan Mode Hemat Baterai 

    Cara mudah lainnya adalah dengan mematikan mode hemat baterai pada ponsel Anda. Fitur mode hemat baterai memang berguna agara ponsel Anda lebih awet penggunaan baterainya, karena fitur ini berguna untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel. Namun dengan mengaktifkan mode hemat baterai maka secara otomatis ponsel akan membatasi pencarian sinyal jaringan seluler dan internet smartphone guna menghemat pemakaian baterai. 

    Apabila mode hemat baterai di non-aktif-kan atau dimatikan, maka ponsel secara otomatis akan terus menerus melakukan pencarian dan penguatan sinyal jaringan seluler dan internet sehingga akan menggunakan kinerja daya baterai yang lebih banyak. Maka dengan cara ini sudah dapat dipastikan sinyal jaringan seluler dan internet pada ponsel Anda akan lebih kuat dan stabil.

    6. Tutup Aplikasi Background (Recent Applikasi) 

    Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menutup aplikasi yang jalan pada latar belakang ponsel. Pada dasarnya, saat Anda menutup sebuah aplikasi, aplikasi tersebut kebanyakan hanya tertutup tampilannya saja, namun aplikasi tersebut sebenarnya masih berjalan secara tersebunyi dibelakang layar, hal ini kebanyak terjadi pada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan update infromasi secara realtime, seperti aplikasi media sosial dan aplikasi chating yang selalu akan menampilkan notifikasi disaat ada pesan atau informasi baru masuk.

    Dilain sisi, salah satu penyebab terjadinya lag pada saat menggunakan sebuah aplikasi atau dalam hal ini saat memainkan game Mobile Legends adalah karena ada beberapa aplikasi yang juga masih berjalan di background yang menggunakan sebagian RAM ponsel, sehingga ponsel memiliki kinerja yang terbebani dan terbagi dengan aplikasi-aplikasi tersebut.

    Disarankan, sebelum Anda memainkan game Mobile Legends, sebaiknya Anda menutup semua aplikasi yang ada berjalan secara background di ponsel. Anda juga dapat melakukan paksa mematikan aplikasi-aplikasi tersebut, terutama aplikasi yang sementara tidak dibutuhkan.

    7. Gunakan Jaringan Internet WIFI 

    Cara terakhir adalah menggunakan jaringan internet melalui Wifi. Apabila game yang Anda mainkan masih sering terjadi lag, maka bisa dipastikan Anda berada pada daerah yang tidak memiliki sinyal jaringan internet yang bagus. Apabila kondisi ini terjadi, sebaiknya jangan dipaksakan untuk memainkan game tersebut, karena pengaruh kekuatan jaringan internet pada wilayah Anda tidak dapat lagi dirubah karena sudah batas maksimal dari provider SIM Card yang Anda gunakan.

    Disarankan untuk mencari daerah dengan sinyal jaringan SIM Card yang bagus atau Anda dapat menggunakan jaringan Hotspot Wifi untuk memperkuat sinyal ponsel Anda saat bermain Mobile Legends.

    Kesimpulan 

    Demikianlah beberapa cara untuk memperkuat sinyal ponsel saat bermain Mobile Legends. Dengan menggunakan cara-cara tersebut, maka dapat dipastikan pada saat Anda memainkan game tertentu atau game Mobile Legends, potensi terjadinya lag sangat kecil dan bahkan mungkin tidak akan terjadi lagi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi dari ponsel Anda, semakin bagus spesifikasi RAM ponsel Anda, maka akan semakin kecil juga kemungkinan terjadnya lag saat bermain Mobile Legends.

    Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini yang belum jelas, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk berlangganan gratis update terbaru artikel-artikel Kami lainnya. 

    ---------  Semoga bermanfaat  ---------
    Semangat! “Janganlah seperti gunting, meskipun berjalan lurus namun memisahkan yang telah bersatu, Jadilah seperti jarum dan benang, meskipun menusuk dan menyakitkan, namun menyatukan yang terpisah”
    Baca juga :

    Terima kasih sudah membaca Artikel 7 Cara Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Bermain Mobile Legends - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

    Posting Komentar

    Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.