Optimalkan Smartphone Saat Travelling

Smartphone atau ponsel cerdas pada saat ini merupakan hal umum bagi tiap orang yang sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi disaat Anda sedang melakukan bepergian atau travelling, smartphone akan selalu menjadi pilihan gadget utama yang tidak mungkin lagi tuk ditinggalkan. Nah selanjutnya bagaimana caranya agar smartphone kesayangan Anda bisa membantu atau menjadi teman setia yang bisa dioptimalkan penggunaannya untuk kegiatan travelling Anda?
Optimalkan Smartphone Saat Travelling

Optimalkan Smartphone Saat Travelling

Anda sedang melakukan travelling perjalanan wisata atau cuti liburan? pastinya Anda tidak akan pernah lupa untuk membawa smartphone kesayangan Anda bukan? Disini Kami ingin berbagi artikel menarik yang bisa anda terapkan pada penggunaan smartphone disaat Anda melakukan travelling. Jadikan perjalanan travelling Anda lebih menyenangkan dengan smartphone kesayangan Anda.

Smartphone atau ponsel cerdas pada saat ini merupakan hal umum bagi tiap orang yang sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi disaat Anda sedang melakukan bepergian atau travelling, smartphone akan selalu menjadi pilihan gadget utama yang tidak mungkin lagi tuk ditinggalkan.

Nah selanjutnya bagaimana caranya agar smartphone kesayangan Anda bisa membantu atau menjadi teman setia yang bisa dioptimalkan penggunaannya untuk kegiatan travelling Anda?
Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan dalam memaksimalkan penggunaan smartphone ketika Anda melakukan travelling.

1. Persiapkan Perlengkapan Ponsel

Jangan lupa untuk menyiapkan semua kelengkapan smartphone Anda sebelum melakukan travelling. Siapkan mulai dari unit utama smartphone, baterai, charger, power bank, headset atau earphone. Lakukan cek ulang kelengkapan peralatan smartphone Anda serta isi hingga penuh daya dalam baterai smartphone Anda. 

Lindungi smartphone Anda hingga aman, seperti pelindung layar anti gores, pelindung body smartphone (chasing tambahan), dan tas kecil untuk menyimpan seluruh kelengkapan smartphone. 

Hal ini sangant berguna agar smartphone Anda tetap terjaga kondisinya mengingat dalam perjalanan Anda hal buruk bisa terjadi, misalnya smartphone Anda terjatuh tanpa sengaja hingga menyebabkan body smartphone tergores. Selalu berhati-hati dalam perjalanan Anda.

2. Persiapkan Suplai Daya Baterai Tambahan

Kesiapan baterai smartphone merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan selama melakukan travelling. Selalu mengupayakan untuk mengisi penuh daya baterai Anda disaat sebelum melakukan perjalanan dan disaat ada kesempatan untuk melakukan pengisian daya.
Kebutuhan kelengkapan baterai tambahan sangat diperlukan dalam travelling, misalnya baterai cadangan bila smartphone Anda menggunakan baterai terpisah, powerbank sebagai sumber listrik darurat jika smartphone sudah mulai kehabisan daya, penghubung atau konektor listrik khusus baik itu konektor untuk berbagai macam jenis type smartphone maupun konektor charger listrik untuk di mobil atau kendaraan umum. 

Jika Anda tahu dalam tiap perjalanan travelling, sangat dimungkinkan Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk mengisi ulang daya baterai untuk waktu yang lama, maka pertimbangkan menggunakan baterai cadangan atau paket daya portabel seperti powerbank. Lakukan pengujian smartphone sebelum Anda pergi. 

Jika Anda melakukan berpergian dengan tujuan ke luar negeri, perhatikan ada beberapa negara atau area tertentu yang memiliki jenis konektor charger listrik yang berbeda dengan negara kita. Anda sebaiknya bisa melakukan survei terlebih dahulu atas perlengkapan apa yang harus Anda bawa sebelum melakukan perjalanan.

3. Unduh Beberapa Konten Hiburan Sebelum Berangkat

Unduh terelebih dahulu beberapa konter hiburan sebelum Anda berangkat melakukan perjalanan agar perjalanan Anda tidak membosankan dan jenuh, apalagi saat dipesawat, sebaiknya Anda telah mengunduh dan menyimpan beberapa konten hiburan seperti musik, film, video, dan sebagainya yang Anda suka. 

Jangan mengandalkan konten hiburan streaming, karena dapat menghabiskan paket data Anda dan menghabiskan banyak uang. Dilain sisi meskipun pada beberapa maskapai penerbangan mungkin menyediakan layanan Internet on-board, tetapi Anda biasanya tidak dapat melakukan streaming film menggunakan koneksi yang tersedia, karena biasanya koneksi yang disediakan memiliki batasan atau limit.

4. Isi Daya Perangkat Anda menggunakan Port USB Televisi

Saat Anda berada di hotel atau berada ditempat umum yang terdapat televisi digital namun tidak tersedia koneksi listrik disekitar tempat Anda tersebut, maka tidak ada salahnya Anda menyempatkan diri untuk melakukan pengisian daya smartphone Anda menggunakan port USB pada televisi digital yang ada ditempat itu.

Keluarkan kabel USB dari charger smartphone Anda, hubungkan kabel USB dengan smartphone dan port USB TV, maka smartphone Anda kan otomatis melakukan pengisian daya.

5. Manfaatkan Aplikasi Translate dan Maps

Pastikan Anda telah memasang aplikasi Translate dan Maps dari Google pada smartphone Anda. Dengan Aplikasi Translate ini Anda tidak hanya dapat mengetikkan kata atau frasa dan menerjemahkannya (ke atau dari lusinan bahasa), tetapi Anda juga dapat berbicara di dalamnya, seperti semacam Penerjemah Universal, dan kemudian akan berbicara kembali dalam bahasa lain.

Anda bahkan dapat mengambil gambar dari tanda atau menu yang ada dihadapan Anda, selanjutnya aplikasi ini akan memilih teks dan langsung menerjemahkannya untuk Anda.

Saya yakin Anda pasti sudah tahu dan pernah menggunakan Aplikasi Maps, aplikasi ini memiliki fitur menyimpan peta area offline ke ponsel saat Anda menggunakan Wi-Fi, jadi pada saat Anda tidak memiliki paket data internet atau jauh dari jangkauan hotspot wifi, maka aplikasi Maps ini akan tetap dapat digunakan dan menemani perjalanan Anda.

6. Gunakan Wi-Fi secara Eksklusif

Selalu usahakan untuk mendapat jangkauan jaringan Wifi untuk akses internet agar dapat menghemat kuota data internet Anda, coba selalu mengakses hotspot Wi-Fi gratis di hotel, kafe lokal, atau taman umum.

Akses ke Wi-Fi memungkinkan Anda memeriksa email, mengunggah gambar ke situs media sosial, dan menjelajahi Web. Anda bahkan dapat menelepon orang-orang di rumah menggunakan voice over IP atau aplikasi konferensi video, seperti Skype atau FaceTime.

Kelemahan terbesar untuk pendekatan ini adalah, tentu saja, jangkauan WiFi yang terbatas. Dengan menggunakan panggilan WiFi secara eksklusif, Anda akan membatasi akses Internet Anda ke waktu ketika Anda berada di hotspot.

7. Gunakan Layanan Voice atau Skype

Apakah Anda menggunakan Wi-Fi atau data seluler, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ponsel cerdas seperti Skype atau Google Voice ketika Anda harus tetap berhubungan dengan teman dan keluarga di rumah.

Daripada Anda membayar tarif panggilan dan teks internasional yang tinggi, aplikasi ini memungkinkan Anda berbicara dan mengirim teks secara gratis atau murah kepada siapa pun di seluruh dunia.

Dengan menggunakan Google Voice, Anda dapat menelepon dan mengirim SMS di AS atau Kanada tanpa biaya, dan nomor apa pun di luar itu dengan biaya yang kecil. Skype juga memiliki tarif per menit rendah untuk panggilan dan teks, dan kedua aplikasi memungkinkan Anda memanggil pengguna layanan lain secara gratis di mana pun mereka berada.

8. Gunakan Smartphone Untuk Mengabadikan Perjalanan Anda

Hal yang penting untuk diingat adalah selalu gunakan kamera smartphone Anda ketika ada sesuatu yang menarik disekitar Anda. Inilah mengapa smartphone adalah hal yang sangat berguna, kamera smartphone cukup mudah dan efisien untuk digunakan dibandingkan dengan kamera digital lainnya yang cukup banyak menyita waktu Anda untuk menggunakannya.

9. Gunakan Kamera Smartphone Anda Sebagai Cermin

Sebenarnya ada beberapa aplikasi cermin yang dapat dipasang untuk smartphone, tetapi kamera smartphone juga dapat berfungsi dengan baik bagi Anda untuk dijadikan cermin dengan mudah. 

Apabila Anda membutuhkan cermin untuk memakai lipstik atau membersihkan kotoran digigi setelah makan, maka Anda dapat menggunakan kamera smartphone Anda. Hal ini jauh lebih nyaman daripada Anda harus membawa cermin yang sebenarnya disetiap perjalanan Anda. Gunakan kamera depan seperti saat Anda akan melakukan foto selfie, manfaatkan layar smartphone sebagai cermin.

10. Identifikasi Apa Saja

Pernahkah Anda mengunjungi suatu tempat kemudian Anda lupa atau tidak tau apa nama bangunan yang ada disitu? Gunakan aplikasi terbaik dari Google, yakni aplikasi Goggles. 
Aplikasi ini sangat membantu Anda untuk mengetahui suatu tempat atau bangunan yang sebelumnya Anda tidak mengetahuinya. Anda lupa atau tidak tau dimana Anda berada? biarkan mesin pencari terbesar dunia Google melalui Goggles mengingatnya untuk Anda.

Cara kerjanya : Ambil foto objek dengan kamera di smartphone Anda, lalu unggah ke web melalui Google Goggles. Foto tersebut kemudian dicocokkan dengan basis data mesin pencari untuk membuat ID cepat. Anda bahkan tidak perlu mengetik apa pun. Ini pun sangat berguna untuk menerjemahkan teks dalam bahasa asing.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips penggunaan smartphone yang sangat berguna menemani Anda saat travelling, setidaknya hal-hal diatas akan dapat memberikan keseruan tersendiri bagi Anda dalam menikmati perjalanan travelling Anda yang semakin ceria. 

Apabila anda mempunyai masukan dan tips lainnya bagi kami untuk melengkapi artikel ini, anda dapat mengisinya di kolom komentar dan akan kami tambahkan atas nama Anda. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update artikel-artikel kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Menjadi tua itu pasti, sedangkan menjadi dewasa itu pilihan”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Optimalkan Smartphone Saat Travelling - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.