Aplikasi Tambahan Untuk Screenshot pada Komputer MacOS

Menggunakan cara manual atau dengan fitur bawaan MacOS memiliki keterbatasan. Ada baiknya Anda mengenal beberapa aplikasi tambahan dari pihak ketiga yang dapat digunakan pada komputer MacOS untuk melakukan screenshot dengan fitur yang beragam dan lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda.
Aplikasi Tambahan Untuk Screenshot pada Komputer MacOS

Aplikasi Tambahan Untuk Screenshot pada Komputer MacOS

Merujuk dari artikel kami sebelumnya mengenai cara melakukan screenshot tampilan layar monitor pada komputer berbasis platform MacOS. Dimana pada artikel tersebut lebih banyak membahas mengenai teknik pengambilan screenshot dengan cara manual dan dengan cara menggunakan fitur bawaan MacOS.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan artikel yang membahas mengenai beberapa aplikasi tambahan (pihak ketiga) yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot tampilan layar pada komputer MacOS. Kedua artikel ini saling berkaitan sehingga dapat menambah referensi wacana bagi Anda untuk melakukan teknik pengambilan screenshot pada komputer MacOS sesuai kebutuhan Anda. Apabila Anda belum membaca artikel sebelumnya, silahkan Anda membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya. [1]

Cara pengambilan screenshot manual maupun menggunakan fitur bawaan dari MacOS cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan, namun jika Anda ingin melakukan pengambilan screenshot yang banyak serta pengambilan screenshot yang lebih selektif, maka tidak cukup apabila Anda hanya mengandalkan untuk menggunakan cara manual maupun menggunakan fitur bawaan komputer MacOS saja, cara tersebut memiliki keterbatasan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenal beberapa aplikasi tambahan dari pihak ketiga yang dapat digunakan pada komputer MacOS untuk melakukan screenshot dengan fitur pilihan yang beragam dan lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa aplikasi screenshot yang Kami rekomendasikan untuk digunakan karena kelengkapan fiturnya.

1. Monosnap

Monosnap adalah aplikasi screenshot yang sangat bagus dengan beberapa fitur yang mudah digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memilih area atau bagian tertentu pada monitor untuk menangkap tampilan layar dengan menggunakan keyboard dan mouse Anda.

Anda juga dapat menentukan akses untuk penyimpanan hasil tangkapan tampilan layar setelah Anda melakukan screenshot. Anda dapat menyimpan file dengan format JPG atau PNG sesuai kebutuhan Anda, kemudian Anda juga dapat mengirim hasil gambar screenshot langsung ke aplikasi editor gambar eksternal seperti Photoshop.

Menariknya, aplikasi ini juga dapat merekam layar video atau mengambil "selfies" dengan kamera depan Mac Anda. Jika Anda membayar untuk versi pro, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi dengan layanan cloud seperti Evernote. Alat seleksi ini sangat akurat, dengan zoom yang bagus hingga kerapatan piksel dengan pengaturan yang mudah.

Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah kurangnya tangkapan layar aplikasi, yakni screenshot pada tampilan aplikasi tertentu yang Anda inginkan. Untuk menutupi kekurangan ini Anda dapat menggunakan cara screenshot manual bawaan MacOS. Namun aplikasi ini cukup bagus digunakan bagi Anda  yang perlu mengambil banyak tangkapan layar dengan manajemen hasil screenshot yang baik.

2. Skitch

Skitch merupakan salah satu aplikasi anotasi gambar terbaik yang tersedia hingga saat ini. Aplikasi ini daapt digunakan sebagai aplikasi pembuatan screenshot. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengolah hasil screenshot dengan menambahkan notasi-notasi pada gambar screenshot tersebut. Cara penggunaannya sangat mudah dengan tampilan aplikasi yang sederhana dan mudah dipahami.

Anda dapat menambahkan icon tertentu atau dapat menambahkan teks dan anak panah dalam gambar hasil screenshot Anda. Jadi Aplikasi skitch ini selain berfungsi sebagai pengambil screenshot dapat juga berfungsi sebagai editor gambar yang ringan dan mudah digunakan.

3. SnapNDrag

Fitur yang tergolong favorit pada Aplikasi SnapNDrag bagi penggunanya adalah Fitur Library atau perpustakaan. Pada umumnya semua aplikasi screenshot setelah melakukan pengambilan tangkapan layar maka akan menyimpan hasil tangkapan layar ke clipboard, desktop atau pada direktori lain sesuai pilihan Anda, namun tidak dengan aplikasi SnapNDrag ini, aplikasi ini akan menempatkan hasil tangkapan layar pada file library-nya.

Hal ini untuk menghindari adanya kerancuan atau kekacauan file direktori Anda dengan lebih dari satu gambar hasil tangkapan layar yang sedikit berbeda dari antarmuka gambar yang sama, sehingga Anda dapat memilih hasil screenshot yang tepat dengan mudah tanpa tercampur dengan file gambar yang lain.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengekpor gambar screenshot sebagai format gambar pilihan Anda sendiri. Anda dapat mengambil banyak tangkapan layar secara langsung maupun dengan pilihan timer shoot. Anda juga dapat menambahkan anotasi atau tanda dan icon pada gambar tersebut walau tidak selengkap pada aplikasi Skitch.

Kelemahan aplikasi SnapNDrag adalah beberapa fitur yang lengkap hanya tersedia pada jenis aplikasinya yang berbayar. Anda harus mengeluarkan dana  sekitar $ 10 untuk mendapatkan versi lengkap dari aplikasi ini. Pada versi berbayarnya, Anda dapat merubah ukuran tangkapan layar sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Screenshot PSD

Aplikasi Screenshot PSD berguna untuk membuat screenshot dari layar komputer Mac dengan hasil file gambar dengan format PSD atau format gambar dari Photoshop. selain itu hasil gambar screenshot akan diperoleh berupa beberapa layer gambar sesuai dengan tampilan layar yang telah Anda tangkap sebelumnya.

Aplikasi Screenshot PSD bisa juga mendeteksi jendela aplikasi yang Anda buka di belakang tampilan utama. Kelemahan dari aplikasi ini adalah hasil gambar dari Screenshot PSD berukuran cukup besar sehingga akan menyita sebagian kapasitas ruang hardisk Anda, disarankan untuk Anda merubah ukuran gambar menjadi lebih kecil atau hapusla gambar screenshot yang sudah tidak digunakan lagi.

5. Lightshot

Lightshot adalah jenis aplikasi screenshot yang ringan dengan fungsi terbatas tetapi bermanfaat. Setelah Anda menjalankan aplikasi ini, maka Anda dapat langsung memilih layar atau bagian layar dengan menggunakan mouse Anda.

Caranya cukup mudah, hanya dengan drag dan drop tampilan saja, setelah drag selesai, Anda dapat menggunakan fitur editor mengambang untuk menambahkan keterangan gambar di bagian screenshot yang Anda inginkan.

Kemudian, hasilnya dapat Anda simpan di hardisk komputer Anda ataupun dapat Anda simpan di situs penyimpanan screenshot online yakni prntscr.com yang nantinya dapat Anda bagikan secara publik kepada orang lain.

Jika Anda hanya perlu aplikasi ringan untuk keperluan screenshot yang dapat menambahkan anotasi gambar sederhana serta membagikannya secara online, Lightshot adalah pilihan yang bagus.

6. Snagit

Snagit adalah aplikasi screenshot tingkat profesional jenis aplikasi berbayar. Aplikasi ini masuk dalam aplikasi terbaik untuk keperluan screenshot dengan opsi dan fitur anotasi yang cukup beragam dan mungkin membingunkan Anda karena cukup lengkap fitur-fiturnya. Aplikasi ini benar-benar luar biasa, dan sempurna untuk Anda yang perlu membuat tangkapan layar secara konstan.

Bagi Anda yang mengingikan hasil yang profesional, gunakan aplikasi ini yang setidaknya membutuhkan biaya sekitar $ 50 untuk perpanjangan registrasi. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa mendapatkan uji coba gratis 15 hari dengan semua fitur terbuka. Dan jika Anda suka Snagit tetapi Anda tidak mampu membelinya, Anda mungkin dapat mencoba Aplikasi Jing. Aplikasi Jing merupakan aplikasi yang sama dengan Snagit tetapi dikeluarkan dengan versi gratis, namun aplikasi ini terdapat konten iklan dan hasil screenshot yang diperoleh harus di share atau berbagi dengan layanan sosial media pengembang.

7. Droplr

Droplr adalah aplikasi berbagi dokumen screenshot dengan fitur yang lengkap dan mudah. Anda dapat membuat screenshot dalam bentuk gambar, selain itu Anda juga dapat membuat video screen recording untuk merekam sebagian atau seluruh aktifitas layar sesuai kebutuhan. 

Droplr juga punya mode upload dokumen secara otomatis, shortcut tersedia cukup lengkap dan mudah diakses, serta terdapat mode anotasi untuk menambahkan beberapa icon atau gambar sederhana pada hasil screenshot Anda.

Layanan Aplikasi Droplr dapat Anda coba secara gratis dengan jumlah penggunaan minimal. Selanjutnya Anda akan dikenai biaya upgrade mode layanan untuk berlangganan bulanan aplikasi Droplr Pro atau Business.

8. Snapz Pro X

Snapz Pro X adalah aplikasi favorit bagi pengguna Mac versi lama. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi tangkapan layar yang paling lama keluar dan termasuk yang paling baik. Selain kemampuan screenshot yang baik, aplikasi ini dapat membuat video dari setiap bagian layar Mac Anda.

Aplikasi ini dapat menangkap output sistem dan input mikrofon, yang membuatnya sangat cocok untuk membuat suatu tutorial. Anda dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar statis, dan Anda akan menemukan berbagai fungsi yang mengesankan.

Kembali lagi pada kelemahannya, Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar yang tidak dapat Anda peroleh secara gratis. Biaya pembelian aplikasi ini dengan lisensi penuh adalah sekitar $ 69. Kecuali Anda seorang profesional dalam hal membuat video dengan terus-menerus, aplikasi ini sangat direkomendasikan, tetapi apabila Anda tidak telalu sering membuat video dan bukan untuk produksi video, lebih baik Anda menggunakan aplikasi lain yang lebih murah atau bahkan gratis.

Kesimpulan

Demikianlah bahasan Kita mengenai aplikasi tambahan untuk screenshot pada komputer MacOS yang bisa menjadi referensi wacana bagi Anda untuk memilih aplikasi yang tepat bagi kebutuhan Anda. Kesimpulannya, jika Anda menginginkan yang terbaik dari beberapa aplikasi screenshot diatas, Monosnap dan Lightshot adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
>Semangat! “Buang pikiran negatif dan berjuanglah dengan bahagia hari ini! Buatlah terus motivasi hidup terbaik untuk menemani Anda berbahagia. Dari sebuah motivasi yang baik, kesuksesan akan muncul.”

Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Aplikasi Tambahan Untuk Screenshot pada Komputer MacOS - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

1 komentar

  1. hallo
Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.