Aplikasi Manajemen Email Populer GMail

Gmail adalah aplikasi email yang mudah digunakan untuk menghemat waktu Anda dan menyimpan pesan dengan aman.
Aplikasi Manajemen Email Populer GMail

Aplikasi Manajemen Email Populer GMail

Aplikasi Gmail pada dasarnya merupakan aplikasi default yang telah terpasang disemua jenis smartphone android. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berfungsi melakukan manajemen seluruh email Anda. 

Anda sebagai pengguna smartphone Android pastinya sudah memiliki akun email dari google yang merupakan syarat utama bagi Anda pengguna Android untuk dapat mengakses tempat mengunduh dan membeli aplikasi-aplikasi android, yakni aplikasi PlayStore.

Gmail adalah aplikasi email yang mudah digunakan untuk menghemat waktu Anda dan menyimpan pesan email dengan aman. Dengan aplikasi Gmail Anda akan dapat langsung menerima pesan email melalui notifikasi pada smartphone Anda. 

Anda dapat langsung membaca dan menanggapi semua pesan email Anda baik secara online maupun secara offline, dan Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian pada Gmail untuk menemukan pesan email apa pun dengan cepat.

Kelebihan dan Keunggulan Gmail

Beberapa kelebihan yang dapat Anda peroleh pada penggunaan aplikasi Gmail ini antara lain sebagai berikut:

  • Fitur kotak masuk yang tertata secara teratur, semua pesan email Anda akan ditata sebagai pesan email umum, media sosial, dan promosi, yang dipisahkan secara otomatis serta diurutkan ke dalam kategori, sehingga Anda dapat membaca pesan email dari teman dan keluarga terlebih dahulu pada kategori umum.
  • Dapat memblokir spam, Gmail akan memblokir spam sebelum sampai ke kotak masuk untuk menjaga akun Anda tetap aman dan rapi.
  • Kapasitas penyimpanan data email yang cukup besar, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis sehingga Anda tidak perlu menghapus pesan untuk menghemat ruang penyimpanan.
  • Dukungan untuk banyak akun, Gmail dapat Anda gunakan untuk memanajemen semua akun email milik Anda maupun email bisnis dan kantor Anda pada satu aplikasi Gmail, baik itu akun Gmail maupun akun non-Gmail seperti akun Outlook, Yahoo Mail, atau email IMAP/POP lainnya sangat mudah Anda kelola langsung dari aplikasi Gmail.
  • Terdapat fungsi chatting dengan menggunakan aplikasi Hangouts, fitur ini digunakan untuk chatting antar sesama penggunaan gmail secara online.
  • Terintegrasi dengan semua akun aplikasi Google. Yakni dengan memiliki satu akun Gmail, maka secara otomatis Anda akan terhubung dengan aplikasi dari Google lain yang Anda miliki, seperti Maps, YouTube, Play, News, Gmail, Drive, Calendar, Google+, Translate, Photos, dan lain-lain.
  • Terdapat fitur autoresponder, Anda dapat mengatur untuk menggunakan pop3 sehingga Anda dapat mendownload email dan membaca di rumah, tanpa harus menghubungkan ke internet.
  • Terdapat fitur pencarian google untuk mencari email yang di kehendaki, kapan pun email dikirim dan diterimanya.
  • Terdapat untuk mengundang rekan, Anda dapat mengajak teman untuk bersama menikmati gmail.
  • Terdapat fitur kustomisasi tampilan, Anda dapat merubah tampilan sesuai dengan selera Anda.
  • Anda akan terbebas dari email sampah atau spam. Karena Gmail memiliki anti spam yang dapat menyaring email spam agar tidak masuk ke dalam kotak masuk utama email.
  • Setiap email yang dikirimkan dan diterima adalah aman karena telah di scan melalui antivirus bawaan Gmail yang menjaminkan email kita bebas virus.
  • Akun Gmail dapat digunakan untuk mendaftar di berbagai milis yang menggunakan domain gmail maupun domain email lainnya. 
  • Dapat di akses menggunakan semua perangkat gadget termasuk komputer dan smartphone. 
  • Tidak terdapat iklan baik itu iklan pop up maupun iklan banner, yang ada hanyalah iklan berbaris teks responsif yang kecil saja yang sudah disesuaikan dengan email yang akan dibaca.
  • Setiap email di Gmail bisa kelompokkan dengan memberi label sehingga tersusun rapi dan memudahkan dalam pencarian.
  • Setiap email baik itu email terkirim maupun email balasan akan dijadikan satu kesatuan, dan di tampilkan sebagai bentuk percakapan.
  • Terdapat fitur auto refresh dan auto sinkronisasi, sehingga tiap email yang baru masuk akan langsung terlihat, tanpa harus melakukan refresh terlebih dahulu. 
  • Ukuran file yang dapat dilampirkan sebagai attachment relatif cukup besar dengan kapasitas mencapai 25 MB. 

Kekurangan dan Kelemahan Gmail

Beberapa kelemahan dan kekurangan dari Gmail yang mungkin bisa dijadikan masukan bagi Google untuk pengembangan aplikasi Gmail menjadi lebih baik, diantaranya:

  • Tampilan untuk masuk atau login ke akun Gmail terkesan sederhana, tidak ada tampilan lainnya berupa berita atau pilihan-pilihan konten yang menarik lainnya. Mungkin hal ini ditujukan agar pengguna tetap fokus untuk login atau masuk ke Gmail tanpa harus ke tujuan lain apabila ada konten yang menarik yang akan membuat pengguna membatalkan keinginan awalnya untuk login atau masuk ke Gmail.
  • Fasilitas chatting yang dimiliki Gmail adalah Hangouts yang kurang populer sehingga masih sedikit penggunanya, akan tetapi semakin hari pengguna Hangouts sudah semakin banyak.
  • Tidak terdapat menu drag dan drop yang memudahkan pengguna mengatur email-emailnya sebagai mana penyedia email lainnya.
  • Tidak terdapat fitur pembuatan dan pengatura folder yang terpisah, fitur label di Gmail memiliki kelemahan yaitu email pada label tertentu masih akan tetap tampil di kotak masuk inbox, berbeda apabila menggunakan bentuk folder yang secara langsung terpisah antar kategori label email.

Demikianlah artikel mengenai aplikasi Gmail yang perlu Anda ketahui dan gunakan fitur-fiturnya. Apabila Anda mempunyai masukan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Bintang pun tak kan bersinar tanpa kegelapan”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Aplikasi Manajemen Email Populer GMail - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.