Aplikasi Catatan Praktis Google Keep

Google Keep merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam membuat catatan dan ide-ide yang akan Anda lakukan dengan cepat dan ditunjang dengan fitur pengingat di waktu/tempat yang tepat.
Aplikasi Catatan Praktis Google Keep

Aplikasi Catatan Praktis Google Keep

Google Keep merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam membuat catatan dan ide-ide yang akan Anda lakukan dengan cepat dan ditunjang dengan fitur pengingat di waktu/tempat yang tepat. Aplikasi ini dapat memindai suara, yakni dengan mengucapkan memo suara kapan saja, maka suara akan otomatis ditranskripsikan menjadi catatan. Anda dapat membuat arsip catatan dengan mengambil foto poster, tanda terima, atau dokumen, lalu kelola dan telusuri konten tersebut dengan mudah menggunakan bilah Telusuri. 

Google Keep memudahkan Anda mencatat ide atau membuat daftar dan membagikannya dengan teman dan keluarga. Anda dapat menambahkan catatan, daftar, dan foto ke Google Keep. Anda sedang terburu-buru? Rekam memo suara dan Keep akan mentranskripsikannya sehingga Anda dapat memeriksanya nanti. 

Anda dapat memberi warna dan tambahkan label sebagai kode pada catatan agar Anda dapat mengelolanya dengan cepat tanpa mengganggu aktivitas. Jika Anda perlu mencari konten yang disimpan, cukup telusuri sebentar untuk menemukannya.

Anda dapat menyimpan catatan pekerjaan di ponsel, tablet, komputer dan perangkat Android lainnya. Semua hal yang telah Anda tambahkan pada Keep akan disinkronkan secara otomatis ke semua perangkat sehingga tidak ada catatan yang terlewat. 

Anda juga dapat diingatkan untuk membeli daftar belanjaan yang telah Anda susun sebelumnya, atur pengingat berbasis lokasi untuk menampilkan daftar belanjaan tepat saat Anda tiba di toko tersebut.

Pada saat menggunakan Google Keep, Anda akan dimintai izin untuk penggunaan beberapa bagian perangkat smartphone yang Anda miliki, antara lain:
  • Keep akan meminta izin penggunaan kamera yang ditujukan untuk melampirkan gambar pada catatan di Keep.
  • Keep akan meminta izin akses pada kontak Anda yang ditujukan untuk berbagi catatan ke kontak.
  • Keep akan meminta izin penggunaan mikrofon yang ditujukan untuk melampirkan audio ke catatan.
  • Keep akan meminta izin penggunaan lokasi yang ditujukan untuk menyetel dan mengaktifkan pengingat berdasarkan lokasi.
  • Keep akan meminta izin penggunaan akses ke memori penyimpanan data yang ditujukan untuk menambahkan lampiran dari penyimpanan ke catatan.

Google Keep merupakan aplikasi penunjang yang sangat membantu untuk menyimpan catatan dan data penting, terutama bagi Anda yang sering kelupaan terhadap apa yang akan Anda lakukan. Data dan catatan yang Anda simpan di Google Keep akan tersinkronisasi dengan akun gmail milik Anda, inilah yang menjadi ciri khas dalam setiap layanan dari Google.

Selanjutnya akan Kami uraikan kelebihan dan keunggulan aplikasi catatan Google Keep ini sebagai pembanding saja bagi Anda yang ingin atau telah menggunakannya.

Keunggulan dan Kelebihan Google Keep

Keunggulan dan kelebihan dari Google Keep dapat kami jelaskan berdasarkan fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini, diantaranya:
    • Google Keep merupakan aplikasi dapat diunduh secara gratis dan dapat digunakan pada semua jenis smartphone dan tablet Android serta komputer.
    • Google Keep memiliki desain minimalis yang secara estetika terkesan menyenangkan dan menghasilkan antarmuka yang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan.
    • Tampilan warna dasar pada Note (catatan) Google Keep ini dapat diganti sesuai keinginan. Hal ini cukup membantu untuk mengelompokkan kategori catatan sesuai dengan perbedaan warnanya, sehingga Anda mudah mengingatnya.
    • Dapat menambahkan gambar sebagai bentuk catatan maupun bagian dari cacatan tersebut.
    • Dapat membuat daftar catatan dengan suara Anda (Voice-to-text), sehingga Anda dapat membuat catatan atau daftar kegiatan, mulai dari belanja hingga daftar kebutuhan lain langsung hanya dengan memakai suara. Caranya sederhana dan mudah, buka aplikasi Keep kemudian buat note baru, selanjutnya akan muncul kartu Google Now yang akan mendaftarkan barang yang Anda ucapkan, setelah selesai untuk mengakhirinya Anda cukup mengucapkan 'finished' atau 'that's it', maka secara otomatis semua daftar tersebut dapat langsung tersimpan di daftar catatan pada Keep.
    • Dapat membuat pengingat, Google Keep lebih dikenal sebagai aplikasi pencatat namun fitur pengingat juga telah disematkan di aplikasi ini yang sudah terintegrasi dengan Google Now. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup memilih tombol pengingat pada bagian halaman note, ketika selesai menulis sebuah catatan maka aplikasi ini akan menawarkan dua pilihan pengingat yaitu pengingat berdasarkan waktu ataupun berdasarkan lokasi.
    • Dapat membuat pengingat berdasarkan lokasi Anda, ketika catatan pengingat Anda atur berdasarkan pada lokasi yang telah Anda tentukan, maka Keep akan segera memberi notifikasi ketika Anda berada didekat lokasi tersebut. 
    • Dapat berbagi catatan dengan orang lain, Aplikasi Keep ini memiliki dua pilihan berbagai catata dengan orang lain yakni dengan berbagi (sharing) dan mengirim catatan (sending). 
    • Dapat membuat catatan teks dari gambar yang Anda masukan pada Keep, dengan fitur ini Keep dapat mengekstraksi tulisan dari sebuah gambar yang kemudian nantinya Anda cukup mengunggah gambar, foto, atau screenshot ke Keep, tanpa perlu menulis ulang informasi di gambar tersebut.
    • Dapat membuat catatan panjang, dengan aplikasi ini memungkinkan anda untuk membuat catatan ide-ide Anda yang panjang serta melampirkan catatan panjang untuk tugas-tugas anda, fitur ini sangat berguna saat anda perlu menuliskan banyak ide dan informasi tentang sebuah tugas.
    • Dapat mengirimkan catatan atau tulisan ke Google Docs, Anda dapat menulis dan menyimpan catatan ide-ide untuk penulisan artikel atau tulisan lainnya dalam bentuk draft di Keep yang kemudian dapat Anda sempurnakan kembali menjadi artikel dan tulisan yang lengkap dengan mengirimnya pada software pengolah tulisan seperti Google Docs yang lebih banyak memiliki fitur untuk mengedit dan menulis sebuah artikel. Anda cukup memilih pilihan 'Copy to Google Doc' di bagian menu Keep, maka secara otomatis akan menyalin seluruh tulisan dan gambar dalam catatan itu langsung ke Google Docs tanpa menghilangkan catatan asli di Keep tadi.
    • Mendukung widget, Anda dapat menambahkan widget ke layar awal. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak fleksibilitas dan untuk melihat informasi sekilas, tanpa masuk ke aplikasi Google Keep.
    • Bebas iklan, terkadang iklan dapat mengganggu, aplikasi tanpa iklan lebih menyenangkan, lebih enak digunakan, dan menjadikan konten lebih menonjol.
    • Dapat mengarsipkan data lama Anda, ketika Anda mengarsipkan data lama maka data tersebut akan masuk ke folder khusus jika suatu saat anda akan membutuhkannya Anda dapat menggunakannnya kembali.
    • Mempunyai geotagging, Anda dapat menandai foto di lokasi tertentu di mana anda mengambil foto. Hal ini memberi anda cara lain untuk mengatur foto, dan juga membuat foto lebih mudah ditemukan oleh orang lain.

      Fitur Yang Perlu Di Kembangkan

      Secara keseluruhan, selain memiliki kelebihan dan keunggulan sebagaimana telah diuraikan diatas, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang perlu untuk dikembangkan sehingga Kita harapkan dapat menjadi masukan untuk penyempurnaan Google Keep dimasa mendatang. Antara lain :
        • Belum dapat melampirkan berbagai jenis berkas seperti file dokumen, PDF, video, lembar kerja, memo suara, dan sebagainya.
        • Belum memiliki opsi ulangi tugas, sehingga Anda tidak dapat menerima pemberitahuan berulang saat tugas tersebut telah selesai, misalnya catatan mengenai acara yang akan terjadi berulang, seperti janji atau acara ulang tahun yang seharusnya dapat Anda atur untuk diulang harian, mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan.
        • Belum mempunyai opsi cetak daftar tugas yang memungkinkan Anda  dengan mudah mencetak daftar tugas anda.
        • Belum mempunyai fitur Pengunci dan keamanan catatan, fitur yang paling penting dan utama dalam suatu aplikasi catatan adalah fitur lock atau pengunci catatan yang akan memberikan rasa aman bagi pengguna untuk menjaga privasi tiap catatan yang dibuat.

          Kesimpulan

          Demikianlan artikel mengenai aplikasi Google Keep sebagai aplikasi manajemen catatan yang praktis bagi Anda. Google Keep merupakan aplikasi penunjang yang sangat membantu untuk menyimpan catatan dan data penting, terutama bagi Anda yang sering kelupaan terhadap apa yang akan Anda lakukan. Anda dapat mencobanya sendiri, penggunaannya cukup mudah dan user friendly.

          Apabila Anda mempunyai masukan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

          ---------  Semoga bermanfaat  ---------
          Semangat! “Orang tua Anda bekerja terlalu keras untuk Anda bukan agar Anda tidak hanya menjadi orang biasa tetapi menjadi orang luar biasa”
          Baca juga :

          Terima kasih sudah membaca Artikel Aplikasi Catatan Praktis Google Keep - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

          Posting Komentar

          Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.