Tips Mengatasi Program Error 0xc0000142 pada Windows

Pesan error berisi ”The application was unable to start correctly (0xc0000142). Click OK to close the application“. bagaimana cara mengatasinya?......
Tips Mengatasi Program Error 0xc0000142 pada Windows

Mengatasi Program Error 0xc0000142 pada Windows

Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi yang sangat populer bagi pengguna komputer. Dalam penggunaannya terkadang terdapat beberapa kendala atau masalah yang mungkin bisa terjadi, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja disebabkan oleh penggunanya ataupun karena keterbasan sistem operasi tersebut. Berkaitan dengan permasalahan yang terkadang muncul dalam penggunaan sistem operasi windows, salah satunya yang sering terjadi adalah adanya pesan kesalahan atau error yang muncul pada saat kita membuka suatu program di komputer kita. 

Pesan tersebut berisi ”The application was unable to start correctly (0xc0000142). Click OK to close the application“. Nah disini kami akan menjelaskan sedikit mengapa pesan kesalahan itu muncul dan bagaimana cara mengatasinya. 

Pada saat anda baru menginstal suatu program pada komputer anda, terkadang anda tidak dapat membukanya dan pada saat anda membukanya maka akan keluar pesan kesalahan atau error dengan kode 0xc0000142. Sehingga anda tidak dapat membuka aplikasi atau program tersebut sebelum kesalahannya anda perbaiki.

Kami sendiri pernah mengalaminya, pada saat itu kami baru saja menginstal program IDM dari versi sebelumnya yang kami update ke versi terbaru di komputer kantor kami. Pada saat akan di jalankan, windows memberi peringatan pesan kesalahan dengan kode 0xc0000142 tersebut.

Setelah kami pelajari ternyata munculnya pesan itu dikarenakan beberapa hal, antara lain :
  • Program tersebut tidak memiliki hak akses administrator.
  • Sistem Windows tidak bisa memanggil atau mendeteksi file yang dibutuhkan oleh program tersebut.
  • Program yang kita jalankan itu tidak sesuai atau tidak kompatibel dengan versi Windows yang ada dikomputer kita, hal ini bisa saja terjadi karena kita telah mengupdate versi windows kita.
Berdasarkan kondisi diatas, maka cara untuk mengatasinya ikuti langkah-langkah berikut:

1. Langkah pertama

Jalankan atau buka program tersebut dengan hak Administrator Windows. Caranya klik kanan pada icon program dan pilih “Run as administrator". Jika berhasil maka anda tidak perlu melakukan langkah-langkah selanjutnya dibawah ini. Tapi jika belum berhasil lakukan langkah selanjutnya.

2. Langkah kedua

Mengubah kesesuaian program dengan windows anda menggunakan fitur kompatibilitas. Caranya :
  • Pilih icon program yang akan kita buka.
  • Klik kanan pada icon tersebut dan pilih "properties". 
  • Pada jendela properties pilih tab "Compatibility".
  • Perhatikan pada bagian Compatibility Mode.
  • Tanda centang tulisan “Run this program in compatibility mode for.”
  • Buka daftar list versi windows yang ada dalam pilihan, anda dapat memilih sistem Windows yang anda pakai untuk menjalankan program tersebut.
  • Selanjutnya tekan ok untuk menutup jendela properties.
  • Coba buka kembali program tersebut.
  • Jika masih belum berhasil anda dapat mengulang untuk merubah compatibility versi windowsnya lagi, sesuaikan versi windowsnya hingga anda menemukan versi yang sesuai untuk menjalankan program tersebut.

Jika langkah-langkah tersebut telah berhasil maka program error tersebut telah dapat diatasi dan pesan kesalahan tidak akan muncul kembali sehingga program anda dapat berjalan dengan baik.

Tetapi jika masih belum berhasil dan masih terdapat pesan kesalahan yang sama, maka anda dapat mencoba untuk menghapus atau meng-uninstall program tersebut, kemudian coba untuk mendownload dan menginstall ulang kembali.

Demikianlah cara untuk mengatasi Program Error 0xc0000142 pada Windows komputer anda, apabila anda memiliki cara dan metode lainnya, atau bahkan mengalami kesulitan dalam memperbaiki kesalahan tersebut, anda dapat menulisnya pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Janganlah menunggu, tidak ada waktu yang tepat untuk memulai. Mulailah dari titik dimana anda berdiri dan kemampuan yang anda punyai, dan kemampuan yang lebih baik akan muncul di dalam perjalanan anda”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Tips Mengatasi Program Error 0xc0000142 pada Windows - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

2 komentar

  1. Nah ini, wah ilmu baru, makasih, bisa diterapkan dan berhasil.
  2. makasih, semoga berguna :)
Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.