Tips Cara Melihat MAC Address pada Komputer (PC) / Laptop, dan Smartphone

Apa sebenarnya MAC Address itu? bagaimana cara melihatnya? kemudian fungsi dan kegunaannya buat apa? Penting gak sih? Nah.. simak jawabannya disini.
Tips Cara Melihat MAC Address pada Komputer (PC) dan Smartphone

Cara Melihat MAC Address pada Komputer (PC) dan Smartphone

Pada kesempatan kali ini, kami membuat artikel yang membahas mengenaicara melihat MAC Address pada komputer (PC) / laptop, dan smartphone. Apa sebenarnya MAC Address itu?, dan bagaimana cara melihatnya?, kemudian fungsi dan kegunaannya buat apa?, nah mungkin pertanyaan itu saat ini anda tanyakan sehingga buat apa pentingnya artikel ini dibuat bisa menjadi pertanyaan awal yang besar bagi anda. 

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dari MAC Address. Berdasarkan kutipan kami dari beberapa sumber yang diantaranya adalah Wikipedia, MAC Address atau yang sering disebut dengan Physical Address merupakan singkatan dari Media Access Control Address.

MAC Address adalah tanda pengenal unik yang dimiliki oleh semua network interface baik itu NIC (Network interface controller) atau WNIC (Wireless network interface controller). MAC Address dikeluarkan oleh pabrik produsen suatu perangkat dengan mengikuti standard IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dan digunakan sebagai network address untuk hampir semua teknologi jaringan IEEE 802, termasuk jaringan WiFi dan Ethernet.

Kode unik MAC Address dimiliki oleh perangkat-perangkat ataupun device jaringan bagian dari perangkat-perangkat yang sering anda temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya komputer, laptop, dan juga perangkat mobile termasuk smartphone dan tablet. Dalam satu perangkat laptop misalnya terdapat MAC Address untuk device yang berhubungan langsung dengan jaringan, misalnya saja MAC Address bluetooth, MAC Address LAN card dan MAC Address wireless.

MAC Address sering digunakan untuk memberikan atau memblokir koneksi yang terhubung pada sebuah perangkat. Dengan mengetahui MAC Address sebuah perangkat baik itu perangkat komputer maupun perangkat mobile, maka admin pemilik jaringan dapat menentukan apakah akan memblokir perangkat tersebut atau mengizinkan.

Kode unik MAC Address terdiri dari 12 digit dengan kombinasi angka dan huruf. 12 Digit tersebut dibagi menjadi 2 kategori identitas sebuah device perangkat, dimana 6 digit awal merupakan kode unik untuk menginformsi vendor pembuatnya yang diistilahkan dengan Organizationally Unique Identifier (OUI), kemudian 6 digit terakhir merupakan kode jenis perangkat jaringannya yang diistilahkan dengan Network Interface Controller (NIC). Sehingga bila anda mengetahui MAC Address suatu perangkat, maka anda dapat juga mengetahui jenis perangkat MAC Address tersebut.

Itulah makna, fungsi dan kegunaan MAC Address secara garis besar. Selanjutnya pada artikel kali ini kami akan berbagi tips cara mengetahui MAC Address pada perangkat mobile maupun perangkat komputer / laptop. Agar lebih jelas silahkan simak uraian dibawah ini:

Mengetahui MAC Address Pada Smartphone

Untuk cara mengetahui informasi MAC Address pada smartphone, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  • Untuk smartphone, anda bisa buka pada menu "Pengaturan" atau "settings".
  • Kemudian, buka pengaturan Wi-Fi, lihat simbol 3 titik (...) di ujung kanan atas, pilih simbol itu maka akan muncul beberapa pilihan, silahkan klik pada pilihan "Advanced" atau "Lanjutan".
  • Selanjutnya akan muncul menu Advanced Wi-Fi, anda bisa geser kebawah halaman menu itu dan anda dapat menemukan informasi mengenai MAC Address device wifi perangkat anda disana.
  • Selain itu anda bisa juga masuk di "Pengaturan" atau "Settings", kemudian geser halaman ke bawah masuk pada pilihan "Tentang Ponsel" atau "About Phone" bila smartphone anda diatur menggunakan bahasa inggris.
  • Setelah masuk pada halaman Tentang Ponsel, anda dapat memilih pilihan "Status", geser halaman ke bawah maka anda dapat melihat informasi mengenai alamat MAC Address perangkat WLan smartphone anda, terdapat juga informasi mengenai alamat MAC Address perangkat Bluethooth (bila anda aktifkan) dan informasi Alamat IP perangkat smartphone anda.

    Disini Kami menggunakan smartphone berbasis Android Lollipop Versi 5.0.2, kurang lebih untuk versi android lainnya sama saja cara melihat MAC Address-nya, hanya saja tampilannya yang mungkin berbeda. Sedangkan untuk smartphone dengan platform OS yang lain seperti Apple iPhone, Blackberry dan lainnya, langkah-langkahnya juga sama hanya beda penempatannya saja. Bisa anda coba sendiri.

    Mengetahui MAC Address Pada Komputer/PC/Laptop

    Kemudian untuk cara mengetahui MAC Address pada komputer, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:
    • Buka aplikasi "Command Promp" melalui tombol "Windows + R" kemudian ketikkan "cmd", lalu enter.
    • Maka jendela Command Promp akan terbuka.
    • Selanjutnya ketikkan perintah "ipconfig/all" kemudian tekan tombol Enter.
    • Maka akan muncul semua informasi tentang jaringan yang anda gunakan saat ini oleh komputer / laptop anda.
    • Geser kebawah, dan cari keterangan "Physical Address".
    • Sebagai contoh saja, cari dan lihat bagian Physical Address untuk MAC Address perangkat Ethernet Adapter atau LAN komputer Kami dan MAC Address perangkat Wireless Adapter atau WLan komputer Kami.

      Dalam pandulan artikel ini kami menggunakan komputer desktop berbasis sistem operasi windows 10, untuk versi OS windows lainnya bisa menyesuaikan karena caranya kurang lebih sama.

      Nah apabila anda sudah mengetahui MAC Address dari suatu perangkat yang terhubung dengan jaringan internet anda, maka anda dapat mengambil keputusan untuk memblokir perangkat tersebut atau membiarkannya tetap terhubung dengan jaringan internet anda. Untuk cara memblokirnya bagi anda pengguna modem ZTE, anda dapat membaca langkah-langkanya pada artikel kami mengenai tips melakukan pengaturan (setting) awal Modem ZTE F609.[1]

      Mengetahui Jenis/Type Perangkat berdasarkan MAC Address

      Setelah anda sudah bisa mengetahui MAC Address suatu perangkat sebagaimana diuraikan diatas, selanjutnya kami akan memberikan beberapa cara untuk mengetahui jenis perangkat berdasarkan MAC Address yang anda temui. 

      Terdapat beberapa cara untuk mengetahui jenis perangkat dari MAC Address-nya, disini kami menggunakan 2 cara yang mudah saja. Caranya antara lain:

      1. Menggunakan Pengaturan pada Modem ZTE F609

      Cara untuk mengetahui jenis perangkat dari MAC Address-nya dengan menggunakan pengaturan pada modem ZTE F609, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
      • Buka halaman pengaturan Modem ZTE melalui "192.168.1.1" (ketik di addrees bar browser tanpa tanda petik) kemudian masuk login.
      • Setelah masuk login, pada jendela pengaturan modem lihat menu sidebar sebelah kiri.
      • Pilih dan klik menu "Network - LAN - DHCP Server".
      • Pada halaman sebelah kanan akan muncul tabel "Allocated Address". Tabel ini merupakan tabel daftar perangkat yang pernah terhubung dengan jaringan internet modem tersebut.
      • Dari daftar tabel tersebut anda bisa mengetahui Kode MAC Address serta Host Name perangkat, Host name ini biasanya merupakan nama dari tiap-tiap perangkat, anda bisa mengetahui MAC Address yang terhubung merupakan smartphone android atau berupa perangkat komputer (PC)/laptop.

        2. Menggunakan Bantuan Situs Online

        Cara yang lain adalah dengan menggunakan bantuan situs online penyedia layanan untuk mengetahui Vendors MAC Address. Situs yang menyediakan layanan ini banyak sekali, salah satunya adalah Macvendors[2]. Di situs tersebut anda dapat mengetahui jenis/merk dari perangkat yang kita masukan MAC Address-nya.

        Itulah bahasan mengenai tips cara melihat MAC Address pada komputer (PC) / laptop, dan smartphone serta cara untuk mengetahui jenis perangkat berdasarkan MAC Address yang anda temui. Dari penjelasan diatas apabila belum jelas bisa anda bertanya pada kolom komentar atau apabila anda memiliki tips cara yang sesuai dengan tema artikel ini bisa anda sampaikan pada kolom komentar

        Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya. 

        ---------  Semoga bermanfaat  ---------
        Semangat! “Kadang cara terbaik untuk Memanfaatkan peluang adalah dengan mengatakan tidak pada peluang baru dan fokus mengembangkan apa yang sudah ada di tangan”

        Footnote:
        [1] Artikel Cara Melakukan Pengaturan (Setting) Awal Modem ZTE F609.
        [2] Rujukan Situs Macvendors (http://macvendors.com/).
        Baca juga :

        Terima kasih sudah membaca Artikel Tips Cara Melihat MAC Address pada Komputer (PC) / Laptop, dan Smartphone - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

        Posting Komentar

        Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.