Cara Lain Melakukan Screenshot di Komputer Berbasis Windows

Sebenarnya ada beberapa cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk membuat screenshot pada komputer anda. Penasaran? ayo simak ulasannya.
Cara Lain Melakukan Screenshot di Komputer Berbasis Windows

Cara Lain Melakukan Screenshot di Komputer Berbasis Windows

Dari judul artikel kami kali ini, saya yakin anda pasti sudah mengetahui bagaimana cara membuat screenshot pada komputer anda yang berbasis sistem operasi windows, yaitu dengan cara menekan tombol "Print Screen" pada keyboard anda dan hasil screenshot akan tersimpan ke dalam clipboard, sehingga anda tinggal melakukan paste pada aplikasi yang anda inginkan seperti aplikasi paint untuk editing gambar ataupun langsung pada lembar kerja microsoft office anda, dan sebagainya.

Nah sebenarnya ada beberapa cara lainnya yang dapat anda gunakan selain dengan cara seperti tadi, oleh karena itu artikel ini akan membahas beberapa cara lainnya untuk melakukan Screenshot di komputer yang berbasis Windows. 

Sebenarnya banyak sekali cara-cara melakukan screenshot di komputer, mulai dari cara yang termudah hingga cara yang dapat dikatakan terlalu sulit atau berbelit-belit, akan tetapi disini kami hanya memberikan beberapa cara saja yang menurut kami lebih bisa diterapkan dalam kebutuhan kita untuk melakukan screenshot.

Baiklah, beberapa cara untuk mengambil screenshot di komputer windows adalah sebagai beriku:

1. Kombinasi Tombol "Alt + Print Screen"

Dengan menekan kombinasi tombol ini maka screenshoot yang diambil hanya pada tampilan jendela yang aktif saja. Cara screenshoot ini adalah cara yang tepat untuk mengambil tampilan pada bagian tampilan yang penting saja yang anda inginkan, sehingga anda tidak perlu repot-repot memotong bagian yang tidak anda perlukan pada hasil screenshot tersebut. 

Selanjutnya hasil screenshot yang sudah anda buat dengan kombinasi tombol tadi akan otomatis disimpan pada clipboard, anda tinggal melakukan paste pada aplikasi yang anda inginkan.

2. Kombinasi Tombol "Win + Print Screen"

Dengan menekan kombinasi tombol ini maka screenshoot yang akan diambil adalah seluruh tampilan layar anda, keistimewaannya adalah hasil screenshot yang di ambil akan langsung disimpan ke drive komputer anda dalam bentuk file gambar berformat png.

Setelah melakukan screenshot anda dapat melihat hasilnya di folder "Screenshot" pada "Pictures Library". Cara ini lebih mudah dibanding sekedar menekan Print Screen, karena hasilnya sudah otomatis tersimpan di komputer anda.

3. Menggunakan Snipping Tool

Ini adalah cara lainnya. Anda dapat membuka aplikasi "Snipping Tool" melalui jendela "RUN" atau dengan menekan kombinasi tombol "Win + R", kemudian ketik "Snipping Tool". 

Selanjutnya akan muncul aplikasi Snipping Tool ini, dalam aplikasi ini anda dapat melakukan penangkapan layar / screenshot dengan bebas, anda dapat langsung melakukan pemotongan bagian tampilan layar yang anda inginkan dengan bantuan mode crop yang disediakan kemudian menyimpannya. 

Apabila Anda akan sering membutuhkan penggunaan aplikasi Snipping Tool ini, maka Anda dapat membuat shortcut aplikasi ini dan meletakkannya di desktop Anda agar memudahkan untuk digunakan dikemudian hari saat Anda butuhkan.

Demikianlah cara lain melakukan penangkapan tampilan layar / screenshot di komputer berbasis sistem operasi windows yang dapat kami bagikan kepada anda. Anda dapat mencobanya langsung pada komputer anda, gunakan cara yang termudah dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Apabila anda mempunyai masukan dan tips lainnya bagi kami untuk melengkapi artikel ini, anda dapat mengisinya di kolom komentar, jangan pernah sungkan atau ragu untuk berkomentar, apalagi untuk memberi masukan. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Saat kita merasa hebat kita baru saja kehilangan separuh pangkat kita karena lengah untuk terus belajar”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Cara Lain Melakukan Screenshot di Komputer Berbasis Windows - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.