Aplikasi Terjemahan Bahasa Terbaik Google Translate

Google Translate merupakan aplikasi penerjemah bahasa online yang telah terbukti sudah banyak digunakan oleh pengguna gadget pada umumnya.
Aplikasi Terjemahan Bahasa Terbaik Google Translate

Aplikasi Terjemahan Bahasa Terbaik Google Translate

Kami suka menggunakan Google Translate. Kami harap Anda telah mencobanya. Anda tidak hanya dapat mengetikkan kata atau frasa dan menerjemahkannya (ke atau dari lusinan bahasa), tetapi Anda juga dapat berbicara di dalamnya, seperti sejenis Penerjemah Universal, dan kemudian Google Translate akan berbicara kembali dalam bahasa lain.

Hal ini sangat bermanfaat pada saat kondisi darurat untuk dibutuhkan. Anda bahkan dapat mengambil gambar tanda atau menu, dan dengan Google Translate akan memilih teks dan menerjemahkannya untuk Anda. Fitur ini tidak berfungsi sebaik metode lainnya, tetapi itu tetap menarik untuk dicoba. Kemajuan teknologi secara tidak langsung memang akan memberikan kemudahan kepada semua orang, sama halnya teknologi Google yang memiliki fitur penerjemah berbagai bahasa otomatis, yakni Google Translate. 

Google Translate merupakan aplikasi penerjemah bahasa online yang telah terbukti sudah banyak digunakan oleh pengguna gadget pada umumnya. Google Translate telah dapat mengganti kebiasaan banyak orang yang sebelumnya harus membuka buku kamus terlebih dahulu untuk menerjemahkan kosa kata, saat ini mereka hanya perlu mengetikkan saja pada aplikasi Google Translate maka secara otomatis arti dari setiap kata yang mereka butuhkan dari berbagai macam bahasa akan diterjemahkan dalam bahasa yang mereka butuhkan. 

Google Translate di klaim dapat menerjemahkan sekitar 103 bahasa hanya dengan mengetikannya saja. Google Translate dinilai lebih efisien untuk digunakan sebab akan memudahkan Anda dalam menerjemahkan bahasa dalam sekali input pada gadget Anda. 
Apabila secara manual misalnya Anda ingin menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris, Jerman, Jepang, dan Portugis maka Anda harus membuka empat jenis kamus bahasa tersebut dan mencarinya satu per satu. Sangat menyulitkan bukan? Oleh karena itu keberadaan Google Translate sangat membantu Anda.

Walaupun disalah satu sisi, hasil terjemahan bahasa asing secara otomatis oleh Google Translate masih belum sempurna. hal ini sering terjadi yakni seringkali saat pengguna akan menerjemahkan suatu kalimat maka hasil kalimat yang diterjemahkan terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Apabila sekedar menerjemahkan kosa kata yang pendek saja, Google Translate dapat dikatakan cukup baik untuk diandalkan, karena banyak kosa kata yang sebelumnya tidak ada di kamus manual bisa Anda temukan makna artinya menggunakan Google Translate. 
Pada dasarnya fungsi penerjemah bahasa asing oleh Google Translate hanya ditujukan untuk menerjemahkan kosa kata saja, sehingga bila digunakan untuk menerjemahkan sebuah kalimat atau sebuah paragraf kalimat bisa terjadi kesalahan struktur kata dan maknanya. 

Hal ini disebabkan Google Translate tidak menerjemahkan sebuah kalimat dengan struktur kata dan tata bahasa masing-masing bahasa yang diterjemahkan, dasar penerjemahannya menggunakan tata Bahasa Inggris sebagai acuannya, sehingga apabila di terjemahkan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Jepang dan lainnya akan terjadi kerancuan tata bahasa. 
Kalimat dalam struktur kata Bahasa Inggris biasanya menggunakan idiom didalamnya, yang tidak dapat diterjemahkan secara menyeluruh atau satu per satu menggunakan Google Translate ke struktur kalimat bahasa yang lainnya.

Anda dapat memasang aplikasi Google Translate pada hampir semua jenis gadget seperti smartphone dan tablet. Pada saat Anda akan memasang Google Translate, maka aplikasi Google Translate akan meminta izin untuk mengakses beberapa fitur yang ada di gadget Anda, antara lain:

  • Mengakses mikrofon untuk terjemahan ucapan.
  • Mengakses Kamera untuk menerjemahkan teks melalui kamera.
  • Mengakses SMS untuk menerjemahkan pesan teks.
  • Mengakses Lokasi penyimpanan data sebagai tempat hasil mendownload data terjemahan offline.
  • Mengakses akun untuk login dan sinkronisasi di seluruh perangkat.

Selanjutnya Kami akan menguraikan mengenai kelebihan dan kekurangan penggunaan aplikasi penerjemah bahasa Google Translate serta beberap cara untuk menutupi kekurangan dari Google Translate.

Kelebihan Google Translate

Berikut ini beberapa kelebihan dan keunggulan dari aplikasi Google Translate yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan Anda, diantaranya:
    • Sebagai salah satu aplikasi penerjemah bahasa asing yang mudah dan praktis. Google Translate memungkinkan pengguna untuk dapat menerjemahkan kosa kata, kalimat, bahkan sebuah dokumen dari berbagai bahasa yang bisa anda terjemahkan satu sama lain, sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan buku kamus untuk menerjemahkan suatu bahasa.
    • Dapat dijalankan dan digunakan dalam kondisi offline atau tanpa ada koneksi jaringan internet. Google Translate dilengkapi dengan kamus bahasa offline yang mendukung 59 bahasa saat Anda tidak tersambung ke Internet.
    • Dapat menerjemahkan bahasa pada teks yang diambil melalu foto kamera maupun hasil gambar scanning dengan kualitas tinggi secara instan yang mendukung 38 jenis bahasa.
    • Secara keseluruhan Google Translate mendukung terjemahan bahasa sebanyak kurang lebih 103 bahasa hanya dengan mengetik pada aplikasi ini.
    • Penggunaan yang mudah, yakni hanya dengan mengetik dan ketuk atau menyalin teks ke aplikasi Google Translate untuk menerjemahkan, maka secara instan terjemahannya akan muncul.
    • Terdapat fitur Mode Percakapan, yakni terjemahan secara instan menggunakan suara yang menyebutkan kalimat yang akan di terjemahkan. Fitur ini juga mendukung penerjemahan instan percakapan dua arah dalam 32 bahasa.
    • Dapat menerjemahkan tulisan tangan dan gambar karakter, sebagai ganti menggunakan keyboard, mendukung setidaknya dalam 93 bahasa.
    • Terdapat fitur Buku Frasa, yakni dengan menjadikan hasil terjemahan sebagai favorit dengan memberi bintang dan simpan terjemahan untuk rujukan di masa mendatang apabila dibutuhkan kembali, fitur ini dapat menerjemahkan dalam bahasa apa pun.
    • Selalu ada pembaharuan (up date) jenis bahasa yang didukung oleh Google Translate. Saat ini terdapat tambahan bahasa untuk penggunaan fitur terjemahan offline, termasuk terjemahan kamera instan dari bahasa Inggris, untuk bahasa lainnya yakni bahasa Bengali, Gujarati, Kannada, Marathi, Tamil, Telugu, dan Urdu.

      Kekurangan Google Translate

      Selain kelebihan yang telah Kami uraikan diatas, terdapat juga beberapa kelemahan dari aplikasi Google Translate yang perlu untuk Kita semua ketahui, antara lain :
        • Adanya kesalahan hasil terjemahan yang tidak sesuai dengan struktur bahasa yang dipilih sehingga dapat mengakibatkan kesalahan makna dan maksud dari kata atau kalimat yang hendak diterjemahkan.
        • Fungsi dasar penerjemah bahasa pada Google Translate hanya untuk menerjemahkan kosa kata, jadi apabila terdapat kesalahan pengartian saat Anda menerjemahkan sebuah kalimat maka hal itu sangat wajar terjadi.

          Tips Menutupi Kekurangan Google Translate

          Berdasarkan kekurangan diatas, bahwasanya terdapat kesalahan hasil terjemahan yang tidak sesuai dengan struktur bahasa yang dipilih sehingga dapat mengakibatkan kesalahan makna dan maksud dari kata atau kalimat yang hendak diterjemahkan.

          Cara menutupi kekurangan tersebut yakni Anda selaku pengguna Google Translate harus bisa menguasai tata bahasa yang diinginkan, misalnya tata Bahasa Inggris dimana kalimat dalam bahasa Inggris sering menggunakan idiom didalamnya, hal ini tidak dapat diterjemahkan per satu kata menggunakan Google Translate. 

          Sehingga setelah Anda mendapatkan hasil terjemahan, jangan langsung Anda gunakan, tetapi Anda harus mengatur dan mengeditnya kembali untuk menyesuaikan kembali hasil terjemahan tersebut dengan struktur tata bahasa yang diterjemahkan sehingga maksud dan makan yang dihasilkan dapat sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

          Kesimpulan

          Demikianlah artikel kami mengenai aplikasi terjemahan bahasa Google Translate yang perlu Anda ketahui. Aplikasi Google Translate ini Kami anjurkan untuk digunakan dan dioptimalkan fungsi dan fiturnya guna menunjang aktifitas Anda, misalnya untuk menerjemahkan artikel atau buku berbahasa asing, menerjemahkan file dokumen secara keseluruhan yang menggunakan bahasa asing, melakukan perjalanan di luar negeri sebagai pemandu penerjemah bahasa, atau bahkan sekedar untuk belajar memahami kosa kata bahasa asing guna latihan dalam penguasaan bahasa tersebut.

          Akhir kata, Apabila Anda mempunyai masukan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

          ---------  Semoga bermanfaat  ---------
          Semangat! “Betapapun jauhnya air mengalir ia takkan pernah lupa hulunya”
          Baca juga :

          Terima kasih sudah membaca Artikel Aplikasi Terjemahan Bahasa Terbaik Google Translate - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

          Posting Komentar

          Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.