Aplikasi Penyimpanan Online Google Drive

Google Drive adalah media penyimpanan data online, dimana aplikasi ini merupakan tempat penyimpanan yang aman untuk semua file Anda dan membuatnya mudah dijangkau dari mana saja, baik melalui ponsel cerdas, tablet, atau komputer mana pun.
Aplikasi Penyimpanan Online Google Drive

Aplikasi Penyimpanan Online Google Drive

Google Drive adalah media penyimpanan data online, dimana aplikasi ini merupakan tempat penyimpanan yang aman untuk semua file Anda dan membuatnya mudah dijangkau dari mana saja, baik melalui ponsel cerdas, tablet, atau komputer mana pun. 

Google Drive adalah layanan penyimpanan data online dari perusahaan ternama Google, anda pasti sudah kenal dengan google. Kapasitas penyimpanan gratis yang disediakan cukup besar, yakni sebesar 15 GB, isinya yaitu tentang data-data akun Google kita, seperti email yang kita simpan serta berbagai jenis format file dan data yang hendak kita simpan seperti file foto, cerita, desain, gambar, rekaman, video dan yang lainnya. Semua file dan data tersebut dapat disimpan di Google Drive dengan aman. 

Untuk mendaftar pada Google Drive anda harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Jika anda sudah mempunyai akun Google maka anda sudah langsung mempunyai akses ke fasilitas penyimpanan di Google Drive, anda bisa share file yang sudah di-upload disana dengan bebas.

Selain itu Anda juga dapat menginstal aplikasi Google Drive untuk komputer desktop (PC), laptop bahkan smartphone Anda, sehingga saat Anda ingin meng-uploud atau mengunduh file Anda tidak harus login ke website resmi Google Drive. Dengan seperti ini anda akan lebih dimudahkan. Dengan adanya Google Drive dalam versi aplikasi mobile tentu saja akan semakin memudahkan pengguna untuk mengakses file dalam kondisi dan situasi apapun dimana dan kapan saja. Ada satu hal lagi yang membuat media penyimpanan online Google Drive menjadi pilihan para pengguna, yakni dengan adanya fitur API’s yang sangat berguna untuk para developer. Fitur ini merupakan fitur unggulan yang bisa menghubungkan Google Drive dengan berbagai aplikasi dari pihak ketiga.

Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan (space) yang lebih luas, anda akan dikenakan biaya sekitar $1,99 perbulan untuk 100 GB ruang penyimpanan dan sekitar $9,99 perbulan untuk 1 TB ruang penyimpanan. Selain kapasitas gratisnya yang besar, file yang telah tersimpan pada Google Drive akan terintegrasi secara langsung dengan fitur–fitur google lainnya, seperti Gmail, Google+, dan Google Search.

File dan data Anda dalam Google Drive seperti video, foto, dan dokumen, akan dicadangkan dengan aman hingga tidak akan hilang. Begitu file Anda telah di upload di sana, Anda dapat dengan mudah mengundang orang lain untuk melihat, mengedit, atau meninggalkan komentar pada file atau folder mana pun. Anda dapat mengatur level akses untuk menentukan siapa yang dapat melihat, mengomentari, atau mengedit file data Anda di Google Drive. Anda dapat melihat detail aktivitas file, mengaktifkan penampilan file secara offline, menggunakan kamera perangkat Anda untuk memindai dokumen di kertas serta mengakses foto dan video dari Google Foto. 

Fungsi Google Drive

Berdasarkan pengalaman Kami selama menggunakan Google Drive, berikut ini beberapa fungsi Google Drive yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:
  • Menyimpan data berupa files host seperti file Java Script, Css, atau HTML.
  • Menyimpan data berupa documents host.
  • Menyimpan semua bentuk format data seperti gambar, foto, musik, film, dan sebagainya.
  • Membuat, mengetik, dan menyimpan dokumen tulisan (docs) secara online.
  • Membuat, mengetik, dan menyimpan dokumen tabel spreadsheet (sheets) secara online.
  • Membuat, mengetik, dan menyimpan dokumen presentasi (slides) secara online.
  • Membuat, dan menyimpan berbagai bentuk formulir (forms) secara online .
  • Membuat, mengedit, dan menyimpan gambar (drawing) secara online.
  • Menyimpan peta (maps) yang telah Anda tentukan pada Google My Maps dengan judul Anda sendiri.
  • Membuat, mengatur, dan menayangkan situs web Anda sendiri yang secara otomatis akan tersimpan di Google Drive.
  • Menghubungkan Google Drive dengan berbagai macam pilihan aplikasi pihak ketiga yang secara otomatis akan menambah fungsi dari Google Drive Anda.

Fitur Google Drive

Kemudian untuk fitur-fitur yang telah tersedia dan dapat Anda optimalkan pemanfaatannya pada layanan Google Drive antara lain: 
  • Kapasitas penyimpanan file dan data gratis hingga 15GB. Kapasitas ini tidak termasuk dokumen yang telah Anda buat melalui Google Drive.
  • Mendukung penyimpanan terhadap hampir seluruh jenis file yang populer.
  • Adanya fitur Shared untuk berbagi file, folder dan seluruh isi drive Anda.
  • Sistem pencarian yang tersedia adalah yang terlengkap, yakni sistem teknologi pencarian Google.
  • Terdapat fitur kolaborasi Google Docs yang tersedia untuk berbagai jenis file. Fitur ini memungkinkan Anda untuk saling berkomentar membahas file atau data yang Anda sharing dengan orang lain.
  • Menginstal aplikasi dari pihak ketiga yang akan menambah fungsi dari Google Drive Anda. Anda dapat melakukan edit foto, mengirim fax secara gratis, menandatangani dokumen resmi, membuat file pdf dan banyak lagi lainnya yang dapat dilakukan lewat layanan Google Drive.

Keunggulan dan Kelebihan Google Drive

Berdasarkan fungsi dan fiturnya diatas, sudah tentu secara tidak langsung Kita semua juga sudah tau apa keunggulan dan kelebihan dari Google Drive ini. Berikut beberapa keunggulan dari Google Drive, yaitu :
  • Media penyimpanan online yang bersifat gratis dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar.
  • Menyimpan seluruh jenis file yang populer pada satu tempat.
  • Multi platform, Google Drive dapat dipasang pada komputer desktop (PC), laptop, tablet, bahkan pada semua jenis smartphone atau ponsel cerdas.
  • Akses dari mana saja dan kapan saja secara online.
  • Data dan file tersimpan dengan aman.
  • Data dan file yang tersimpan dapat dibagi dengan pengguna lain.
  • Data dan file yang tersimpan dapat didiskusikan melalui komentar bersama dengan pengguna lain yang telah Anda beri akses.
  • Membuat, mengedit, dan menyimpan berbagai bentuk dokumen dengan cepat dan mudah.
  • Meng-upload dan mengkonversi file dokumen ke format Google Docs.
  • Mengambil foto teks pada kertas atau cetakan lainnya dan mengubahnya menjadi dokumen Google.
  • Membuka dan melihat file dalam format apapun. 
  • Memiliki sistem penelusuran Google Search yang canggih.

Kelemahan Google Drive

Kelemahan dari Google Drive ini adalah harus di akses secara online, sehingga apabila Kita membutuhkan data yang tersimpan pada Google Drive dalam kondisi Kita berada pada daerah yang tidak terdapat jangkauan jaringan internet, maka kita tidak akan dapat mengakses file dan data tersebut. Akan tetapi hal ini sebenarnya tidak dapat di kategorikan sebagai kelemahan Google Drive, karena pada dasarnya Google Drive merupakan aplikasi penyimpanan data yang berbasis online yang sudah seharusnya hanya dapat diakses secara online oleh hubungan jaringan internet.
Nah itulah hasil ulasan Kami terhadap aplikasi penyimpanan data online Google Drive yang bisa menjadi sarana bagi Anda untuk menyimpan file dan data Anda serta membuat beberapa dokumen secara online.
Apabila Anda mempunyai masukan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Anda tidak dapat mengubah masa lalu anda dan janganlah terlalu khawatir dengan hari esok .Hari ini adalah hari yang dapat mengubah masa depan Anda”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Aplikasi Penyimpanan Online Google Drive - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.