Aplikasi Tangkapan Gambar Cerdas Google Goggles

Google Goggles adalah aplikasi pengenalan gambar yang dikembangkan oleh Google Inc. yang berfungsi sebagai pencari berbasis gambar yang diambil dari perangkat smartphone.
Aplikasi Tangkapan Gambar Cerdas Google Goggles

Aplikasi Tangkapan Gambar Cerdas Google Goggles

Satu lagi aplikasi menarik yang dikeluarkan oleh Google dan perlu digunakan pada smartphone Anda, yakni aplikasi Google Goggles. 

Aplikasi ini merupakan aplikasi tangkapan gambar cerdas yang hanya dengan mengambil gambar melalui kamera smartphone, baik itu gambar lukisan, produk makan atau minuman, tanda-tanda atau objek terkenal, barcode atau kode QR, gambar populer, dan sebagainya yang sejenis, maka aplikasi ini akan menemukannya informasi dalam database, dan secara otomatis akan memberikan semua informasi yang dimiliki terkait gambar yang telah diambil dari smartphone Anda tadi. 

Pada awalnya Google Goggles dikembangkan dan ditujukan untuk digunakan pada perangkat mobile yang memiliki kamera internal dan berjalan pada platform sistem Android yang hanya dapat tersedia dalam versi beta, namun kemudian dalam pengembangannya Google mengumumkan rencananya untuk mengembangkan Google Goggles pada perangkat bersistem iPhone dan Blackberry (saat ini tidak lagi tersedia)

Versi final dari Google Goggles adalah 1.9.4 (saat ini April 2018) yang menambahkan beberapa fitur baru, juga meningkatkan kualitas aplikasi serta kemudahan dalam penggunaan. Google Goggles dikembangkan secara khusus untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi Android dan dapat diunduh dari Google Play Store.

Aplikasi Goggles juga dapat membaca teks dalam bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol, Portugis, Rusia, dan Turki, dan menerjemahkannya ke dalam bahasa lain. Aplikasi ini juga dapat difungsikan sebagai barcode / QR code scanner. Anda penggemar permaian Sudoku? Goggles dapat membantu Anda memecahkan teka-teki Sudoku.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cari objek yang akan Anda foto, kemudian foto objek tersebut dengan kamera smatphone Anda, maka secara otomatis apabila Goggles menemukan informasi terkait foto tersebut dalam database, maka Goggless langsung akan memberikan informasi yang berguna bagi Anda.

Keunggulan dan Kelebihan Goggles

Ada beberapa kelebihan dan keunggulan dari Google Goggles disini, dan pada kesempatan kali ini Kami akan mengulas beberapa fitur unggulannya sebagai kelebihan dari aplikasi ini yang dapat membuat kamera smartphone Anda lebih bermanfaat, antara lain sebagai berikut:
    • Goggles dapat membaca teks yang difoto dalam bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol, Portugis, Rusia, danTurki, yang kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa lain yang Anda butuhkan.
    • Dapat memberikan informasi gambar yang telah difoto, misalnya apabila Anda ingin memiliki sebuah buku atau majalah tetapi tidak tahu buku tersebut dijual dimana, Anda tinggal scanner atau foto cover buku tersebut kemudian Goggles akan memberikan informasi yang paling mendekati terkait buku tersebut.
    • Google Goggles mampu mengenali foto dan gambar orang terkenal, hasil karya seni terkenal, landmark atau bangunan terkenal, poster-poster film, sampul buku dan majalah, bahkan karakter fiksi sekalipun.
    • Dapat berfungsi sebagai Barcode Scanner dan QR Code Scanner[1], dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda tidak lagi memerlukan barcode scanner, karena aplikasi ini bisa dijadikan sebagai alat pembaca barcode. Sehingga Anda bisa mendeteksi barang belanjaan asli atau tidak dengan melakukan scan barcode pada produk makanan atau minuman yang ada.
    • Dapat merubah hasil foto menjadi text document, caranya sama dengan menerjemahkan hasil gambar yang kita tangkap dengan mengambil fotonya lalu klik “text”, kemudian Anda copy lalu paste pada aplikasi word document yang Anda miliki.
    • Dapat memecahkan teka-teki permainan Sudoku, Permainan Sudoku yang biasa digunakan adalah permainan teka-teki yang berisikan angka 1-9 dan hanya beberapa angka saja yang muncul pada awal permainan dan kita disuruh menebak angka tersebut antara 1-9. Aplikasi Goggles bisa memecahkan teka teki sudoku dengan mudah hanya dengan menggunakan tangkapan layar permainan tersebut.
    • Google Goggles adalah aplikasi ringan (tidak sampai 3 MB) yang memungkinkan Anda mengubah peranti Android menjadi mesin futuristis autentik yang mampu mengenali orang, karya seni, dan bahkan kaleng sup, hanya dengan mengarahkan kamera peranti.

      Fitur Yang Perlu Di Kembangkan

      Selanjutnya untuk beberapa fitur yang perlu dikembangkan pada aplikasi ini antara lain sebagai berikut:
        • Sementara ini Google Goggles belum dapat menerima informasi tangkapan layar mengenai kendaraan, hewan, tanaman, furnitur, dan makanan. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan memberikan bantuan tulisan teks pada foto hasil tangkapan layar tersebut agar aplikasi Goggles dapat mengenali dan mencarikan informasi yang Anda butuhkan.
        • Masih belum lengkapnya kata kunci pencarian pada aplikasi ini, terdapat beberapa kata kunci yang masih belum masuk ke dalam aplikasi ini. Seiring pengembangannya pastinya Google akan melengkapi dan memperbanyak kata kunci pada Goggles dengan bantuan Google Search yang tercanggih dan diketahui paling lengkap kata kuncinya.

          Kesimpulan

          Demikianlan artikel mengenai aplikasi Google Goggles sebagai aplikasi pengenalan gambar melalui tangkapan kamera. Anda dapat mencobanya sendiri, penggunaannya cukup mudah dan user friendly. Aplikasi ini sangat bermanfaat juga untuk digunakan pada saat Anda sedang berpergian atau travelling.

          Apabila Anda mempunyai masukan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

          ---------  Semoga bermanfaat  ---------
          Semangat! “Allah masih mencintai Anda jika masih banyak cobaan dan tantangan hidup yang datang menghampiri Anda. Allah percaya bahwa Anda mampu melaluinya, maka jagalah kepercayaan itu”

          Baca juga :

          Terima kasih sudah membaca Artikel Aplikasi Tangkapan Gambar Cerdas Google Goggles - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

          Posting Komentar

          Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.