Tips Menjaga Agar Baterai Laptop Anda Awet Tahan Lama

Bagaimana sih memperlakukan laptop Kita agar penggunaan daya yang tersimpan dalam baterai laptop tetap terjaga keawetannya?
Tips Menjaga Agar Baterai Laptop Anda Awet Tahan Lama

Tips Menjaga Agar Baterai Laptop Anda Awet Tahan Lama

Sering sekali kita semua sebagai pengguna laptop memperlakukan laptop Kita secara asal dalam penggunaannya sehingga lambat laun kemampuan daya pada baterai laptop tersebut cepat habis, padahal laptop tersebut masih terbilang baru tetapi banyak yang mengalami baterai laptop sering drop daya-nya atau yang paling parah malah sudah gak bisa mengisi daya lagi.  

Bagaimana sih memperlakukan laptop Kita agar penggunaan daya yang tersimpan dalam baterai laptop tetap terjaga keawetannya? 

Pada kesempatan kali ini Kami ingin berbagi beberapa langkah yang perlu Kita semua lakukan untuk menjaga agar baterai laptop kita tahan lama alias awet, sehingga laptop tersebut dapat selalu menemani aktifitas Kita setiap saat dibutuhkan.

Berikut beberapa langkah yang perlu kita perhatikan agar baterai laptop kita tahan lama dan tidak cepat rusak:

  • Jika anda baru membeli laptop, kami sarankan untuk tidak menggunakan dahulu baterainya, isi daya atau charge baterainya terlebih dahulu hingga penuh sekitar 3-5 jam. Hal ini disebabkan karena pada laptop yang masih baru pada umumnya kondisi daya dalam baterainya masih kosong, akan tetapi jika anda tetap ingin menggunakan laptop, maka anda dapat melepas baterainya dan pakai laptop tanpa baterai yang terhubung langsung ke sumber listrik.
    • Usahakan untuk tidak mengisi daya baterai laptop lebih dari kemampuan baterainya, pelajari dan lihat sampai berapa lama baterai tersebut penuh, dan jika sudah penuh langsung lepaskan pengisian daya dari sumber listriknya. Jangan biarkan pengisian daya yang berlangsung lama dari yang dibutuhkan atau bahkan seharian penuh.
      • Usahakan untuk tidak menggunakan laptop dengan baterai yang sedang di isi dayanya. Jika ada sumber listrik lepas baterai laptop dan gunakan laptop tanpa baterai, baterai laptop hanya digunakan ditempat yang tidak ada sumber listrik saja. Pahami fungsi laptop sebenarnya yakni hanya untuk keperluan mobile atau aktifitas diluar ruang kerja kita.
      • Gunakan kemampuan pengaturan di laptop, dimana jika baterai sudah penuh terisi daya maka baterai akan otomatis tidak akan mengisi daya lagi dan menggunakan daya langsung dari sumber listrik yang terhubung, kemudian anda bisa menggunakan laptop tersebut untuk beraktifitas.
      • Selalu jaga suhu laptop anda dalam kondisi yang normal, bahkan jika diperlukan anda dapat memasang kipas pendingin atau cooling pad pada laptop anda, dan suhu ruangan pun harus dalam keadaan normal, dimana lebih baik jika di ruangan anda tersebut ada pendingin ruangan atau AC sehingga bisa menghindarkan anda untuk menggunakan laptop di ruangan yang panas.
      • Kurangi perangkat-perangkat di laptop yang menggunakan daya listrik dari laptop langsung, misalnya perangkat external seperti flashdisk, dvd room external, hardisk external, dan sebagainya, jika perangkat tersebut sudah tidak digunakan lagi.
      • Ketika menggunakan atau sedang menjalan program yang berat dan membutuhkan kinerja laptop secara optimal, seperti melakukan render desain animasi, membuat video, ataupun bermain game, maka sangat disarankan untuk melepas baterai jika di tempat/ruangan tersebut ada sumber listrik, karena menjalankan program software laptop yang berat akan menghabiskan daya laptop anda cukup besar.
      • Kurangi pengaturan-pengaturan di laptop anda yang memungkinkan akan mengambil daya di laptop cukup besar, seperti mengurangi kecerahan monitor agar daya yang diambil oleh monitor tidak banyak.
      • Terakhir, harus selalu diingat jangan sampai baterai anda kosong hingga 0%, jika sudah mengetahui baterai tersebut akan habis cepatlah isi baterai tersebut dalam keadaan laptop mati.

      Itulah beberapa tips langkah-langkah yang dapat kita terapkan untuk menjaga agar baterai laptop kita tahan lama alias awet.

      Anda bisa mencobanya untuk menjaga baterai laptop Anda lebih optimal setiap hari. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

      ---------  Semoga bermanfaat  ---------
      Semangat! “Pikiran merupakan sumber dari segala kekayaan, segala kesuksesan, segala perolehan materi, segala penemuan dan segala pencapaian”
      Baca juga :

      Terima kasih sudah membaca Artikel Tips Menjaga Agar Baterai Laptop Anda Awet Tahan Lama - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

      2 komentar

      1. Tips yg bagus, busa dicoba diterapkan.
        1. silahkan gan, (o)
      Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.