Tips Memilih Aplikasi Terbaik Untuk Smartphone Anda

Aplikasi di smartphone baik yang berbasis platform sistem oprasi (OS) Android, IOS, Microsoft, Blackberry dan sebagainya dibuat untuk memudahkan.
Tips Memilih Aplikasi Terbaik Untuk Smartphone Anda

Memilih Aplikasi Terbaik Untuk Smartphone Anda

Smartphone merupakan gadget yang pada saat ini menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam smartphone terdapat berbagai aplikasi yang dapat kita gunakan, baik untuk menunjang kebutuhan komunikasi, kerja, hiburan, bahkan utntuk menemani kita bersantai. Terdapat banyak pilihan aplikasi terbaik untuk smartphone, ada ribuan bahkan jutaan aplikasi yang dapat anda pasang di smartphone.

Aplikasi di smartphone baik yang berbasis platform sistem oprasi (OS) Android, IOS, Microsoft, Blackberry dan sebagainya dibuat untuk memudahkan pengguna smartphone untuk mengakses produk atau jasa yang mereka kembangkan. Dilain sisi ada juga yang sengaja membuat aplikasi untuk tujuan hacking, belajar, coba-coba dan juga aplikasi yang bisa merugikan smartphone anda, maka berhati-hati dalam memilih aplikasi untuk smartphone anda.

Kami sarankan untuk menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan anda sehari-hari. Dari segi kebutuhan, aplikasi pada smartphone berbeda pada tiap orang. Dalam artikel ini kami ingin memberikan beberapa panduan agar Anda dapat memilih aplikasi android yang tepat untuk smartphone anda.

1. Pilih aplikasi berdasarkan kebutuhan

Daftar kebutuhan anda, kemudian pilih beberapa aplikasi yang betul-betul dapat menunjang aktifitas anda, jangan menggunakan lebih dari 1 aplikasi yang berjenis atau berfungsi sama pada smartphone anda agar menghemat penggunaan memori penyimpanan data smartphone anda.

Bila anda seorang pekerja, pilih aplikasi berdasarkan kebutuhan pekerjaan anda. Misalnya profesi anda adalah pekerja kantoran, maka anda dapat memilih aplikasi yang dapat menunjang pekerjaan kantor anda seperti email, editor tulisan, editor tabel, aplikasi prensentasi, dan sebagainya. Apabila anda ibu rumah tangga, bisa memilih aplikasi yang berkaitan dengan resep masakan, atau aplikasi pemberitaan yang sesuai dengan diri anda.

Apabila anda suka bermain game, silahkan pilih game favorit anda. Untuk mengisi aplikasi game sebaiknya tidak perlu banyak-banyak, pilihlah game yang paling sering anda gunakan.

Jangan semua aplikasi game yang menarik anda isi dalam smartphone anda, karena kebanyakan waktu luang yang kita miliki tidak akan mampu memainkan semua game tersebut hingga selesai, setidaknya 2 game favorit anda sudah cukup dalam smartphone anda. Hal ini untuk menghindari adanya pemborosan daya dan kapasitas memori.

Jika aplikasi sudah terinstal namun tidak pernah anda gunakan dalam jangka waktu dua minggu, sebaiknya anda hapus atau uninstal saja agar mengurangi beban smartphone.

2. Download aplikasi melalui situs resmi

Sangat disarankan untuk mengunduh aplikasi smartphone dari situs resmi masing-masing platform OS smartphone anda. Untuk smartphone dengan platform OS Android anda dapat mengunduh aplikasi langsung dari Playstore, sedangkan untuk OS Ios anda dapat mengunduhnya melalui situs Apple Store, kemudian untuk OS Miscrosoft anda dapat menguduhnya melalui Miscrosoft Store, sedangkan untuk smartphone Blackberry anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasinya melalui Blacberry Store.

Dengan mengunduh aplikasi kebutuhan smartphone anda dari situs resmi, maka smartphone anda terbebas dari serangan malware, spyware dan virus yang mampu merusak sistem operasi dan aplikasi smartphone anda. Karena aplikasi-aplikasi yang ada di situs resmi telah lulus uji oleh pihak pengelola situs resmi tersebut sehingga terjamin bagi keamanan smartphone anda.

3. Sesuaikan aplikasi dengan spesifikasi smartphone

Setiap aplikasi dirancang untuk dapat dijalankan pada spesifikasi smartphone tertentu. Jadi jangan asal memasang aplikasi yang diluar kemampuan smartphone anda. 

Jika anda mengunduh aplikasi game yang berat dengan kemampuan ram smartphone anda yang tergolong kecil, maka aplikasi game tersebut sia-sia anda download, karena setelah anda mengunduhnya aplikasi tersebut tidak akan bisa dijalankan di smartphone anda, dilain sisi anda telah mengeluarkan kuota paket internet anda untuk mengunduh aplikasi game tersebut.

4. Pilih alikasi yang hemat daya dan internet data

Carilah aplikasi yang menggunakan sumberdaya secukupnya dengan hasil yang maksimal sehingga menjadikan smartphone anda lebih efektif dan efisien.

Aplikasi yang tepat adalah aplikasi yang menawarkan penggunaan aplikasi dengan tidak banyak menguras daya baterai dan kuota internet anda.

Jika pada saat membuka suatu aplikasi kemudian daya baterai smartphone anda berkurang drastis, maka hapus saja aplikasi tersebut karena aplikasi tersebut boros daya. Begitu juga anda menggunakan aplikasi yang memakan data internet, jangan gunakan aplikasi tersebut pada internet data anda, anda bisa menghapusnya atau anda dapat menggunakannya hanya pada saat anda berada pada jaringan hotspot wifi internet.

Itulah beberapa tips dalam memilih aplikasi yang tepat untuk smartphone anda. Apabila anda mempunyai masukan dan tips lainnya bagi kami untuk melengkapi artikel ini, anda dapat mengisinya di kolom komentar, jangan pernah sungkan atau ragu untuk berkomentar, apalagi untuk memberi masukan. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Jadilah diri sendiri, karena tidak ada yang bisa melakukan lebih baik dari diri kita sendiri”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Tips Memilih Aplikasi Terbaik Untuk Smartphone Anda - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.