Chrome: Tips Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome

Sering sekali kita sebagai penggunaan browser Chrome merasakan kalau browser tersebut berjalan dengan lambat sehingga terkadang membuat kita kesal.
Tips Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome

Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome

Saat ini Google Chrome merupakan browser populer saat ini karena tidak terlalu banyak menggunakan ruang di harddisk maupun SSD komputer kita. Akan tetapi sering sekali kita sebagai penggunaan browser Chrome merasakan kalau browser tersebut berjalan dengan lambat sehingga terkadang membuat kita kesal. Jangan kuatir, kejadian tersebut bisa kita hindari dengan mengatur beberapa setelah pada browser Chrome agar dapat mempercepat perfomanya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah-langkah pengaturan pada browser chrome anda sebagai berikut :

1. Hapus Ekstensi yang Tidak Di Gunakan

Disarankan untuk menghapus atau mengatur jalannya ekstensi yang tidak anda gunakan terus-menerus secara manual. Misalnya ekstensi untuk mendownload video yang tidak selalu anda gunakan. Anda harus dapat memilah ekstensi yang anda install dan selektif mana ekstensi yang anda simpan.

Caranya : ketik "chrome: // extensions" (tanpa tanda petik) ke address bar, pilih dan menonaktifkan ekstensi yang tidak anda butuhkan secara reguler yang masih berguna dan hapus ekstensi yang menurut Anda tidak berguna.

2. Atur Plugin Secara Manual

Anda dapat mengatur semua plugin browser chrome anda untuk bekerja secara manual. Hal ini dapat mempercepat proses loading pada browser chrome anda.

Caranya : Ketik "chrome: //settings" (tanpa tanda petik) ke address bar, klik pada "Show Advanced settings", kemudian klik "Content settings under Privacy". Geser ke bawah pada bagian "Plugins" dan pilih "Let me choose when to run plugin content". Selanjutnya anda dapat mengatur semua plugin browser chrome anda untuk bekerja secara manual pada saat anda butuhkan.

3. Menutup Process Jika Terasa Lambat

Pada saat anda mulai merasakan browser chrome berjalan dengan lambat, anda dapat menutup proses yang berjalan pada browser secara manual. Anda dapat melihat daftar proses yang tengah berjalan pada task manager browser chrome.

Caranya : Pada browser chrome anda tekan "Shift + Esc", kemudian akan muncul "Task Manager - Google Chrome", anda bisa mengurutkan proses menurut penggunaan memori dengan klik pada tab "Memory Footprint", selanjutnya anda dapat mematikan proses apapun yang menggunakan memory besar dan tidak anda butuhkan.

4. Aktifkan Chrome Prefetch

Google Chrome memiliki fitur prediksi yang disebut Chrome Prefetch, fitur ini akan mencoba untuk menebak apa yang mungkin anda klik selanjutnya, sehingga akan secara otomatis berjalan di latar belakang guna memuat lebih cepat halaman tersebut.

Caranya : Aktifkan Chrome Prefetch di opsi pengaturan. Pada menu pilih "Settings", kemudian pilih "Show Advanced Options", isi centang pilihan "Use a prediction service to load pages more quickly". Maka secara otomoatis browser anda akan mencoba untuk menebak apa yang mungkin anda klik selanjutnya guna memuat lebih cepat halaman.

5. Gunakan Flash Plugin Click

Gunakan fitur Flash Plugin Click, fitur ini berfungsi bila anda sedang browsing internet dengan menggunakan browser chrome dan anda menemukan halaman yang berisi konten flash (seperti video, iklan, dan sejenisnya, maka dengan mengaktifkan fitur ini konten flash tersebut hanya bisa jalankan ketika anda melakukan klik pada konten flash tersebut. Sehingga pada saat anda masuk pada halaman tersebut akan lebih ringan tanpa perlu browser menjalankan konten falsh tersebut secara langsung.

Caranya : Anda harus masuk ke "Settings" atau Ketik "chrome: //settings" (tanpa tanda petik) ke address bar, lalu masuk ke "Show Advanced Settings". Pilih "Content Settings" di opsi "Privacy", dan klik "Let me choose when to run plugin content". Silahkan di coba.

6. Nonaktifkan Gambar

Langkah selanjutnya anda dapat menonaktifkan gambar yang dimuat pada setiap halaman situs yang anda kunjungi guna mempercepat proses membuka halaman pada browser chrome anda. Tetapi cara ini tidak disarankan, karena dengan adanya gambar bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi anda yang berkunjung pada sebuah halaman situs, bahkan untuk situs halaman yang menyajikan tutorial dan disertakan gambar contoh tutorialnya, hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dailakukan.

Caranya : Anda harus masuk ke "Settings" atau Ketik "chrome: //settings" (tanpa tanda petik) ke address bar, pada "Content Settings" cari "Images" kemudian pilih "Do not show any images". Selain mempercepat proses loading browser pada sebuah halaman situs, cara ini juga akan menghemat kuota data anda.

7. Aktifkan QUIC Protocol

Fitur ini merupakan sebuah sarana dalam pembangunan protocol koneksi yang dibuat oleh Google yang mencegah beberapa perjalanan server untuk membuat sambungan. Sehingga, hal ini akan membuat sedikit waktu yang dihabiskan dalam memuat sebuah halaman web.

Caranya : Anda masuk ke "Settings" atau Ketik "chrome: //settings" (tanpa tanda petik) ke address bar, cari opsi "Experimental QUIC Protocol" dan klik "Enable". Setelah anda berhasil mencobanya, anda akan tahu seberapa baik Browser Google Chrome anda.

8. Menggunakan Ekstensi Tambahan

Gunakan beberapa ekstensi tambahan yang cukup berguna dan membantu anda pada browser chrome. Antara lain :

  • Menyimpan banyak tab, anda dapat menggunakan ekstensi "One Tab" atau "The Great Suspender". Ekstensi ini pada dasarnya memungkinkan Anda menutup setiap tab yang terbuka dengan satu klik dan mengubahnya menjadi daftar. Kapanpun Anda perlu mengakses tab lagi, Anda dapat mengembalikan semuanya sekaligus atau secara satu-persatu dengan mengklik link masing-masing dalam daftar tersebut. Anda juga dapat dengan mudah mengekspor dan mengimpor tab anda sebagai daftar URL. Bergantung pada berapa banyak tab yang anda jalankan dan berapa banyak skrip yang berjalan di dalam tab anda, memindahkannya ke ekstensi ini dapat meningkatkan kinerja secara signifikan.
  • Mempercepat koneksi lamban atau loading lama, Anda bisa memakai ekstensi "Data Saver Extension". Ekstensi ini dapat membantu mengurangi penggunaan data dengan memakai server perusahaan untuk memampatkan halaman sebelum dikunjungi. Tetapi perlu diketahui bahwa halaman yang diakses dari koneksi pribadi atau HTTPS atau tab penyamaran tidak akan dioptimalkan atau tidak dilihat Google.
Caranya : ketik "chrome: // extensions" (tanpa tanda petik) ke address bar, geser halaman ke bawah, kemudian pada pojok bawah kiri anda klik "Get More Extensions", kemudian carilah nama extensi diatas dan install pada browser chrome anda.

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk mempercepat performa browser google chrome anda, silahkan dicoba. Apabila anda memiliki masukan lainnya, silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah artikel ini, agar bisa kami tambahkan pada artikel ini atas nama anda, sehingga dapat membantu orang lain pada saat mereka membutuhkan. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Kesempatan sering tidak dikenali oleh banyak orang karena ia berpenampilan seperti pekerjaan”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Chrome: Tips Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan disini. My best regard, grandtekno.